☕️ public static void main(String args[])

☕️ public static void main(String args[])

public static void main

JVM bakalan selalu liat method signature tertentu untuk mulai menjalankan sebuah aplikasi dan method tersebut harusnya public static void main(String args[]). args disini merupakan sebuah argument dari tipe String array. Argument String array bisa kita tulis String[] args juga. Meskipun tipe argument String array ini bersifat tetap, kita masih bisa ganti nama args ini dengan kata/nama apapun.

class KursiGoyang {
  public static void main(String args[]) {
    System.out.println("Halo, Dunia!");
  }
}

Pada contoh diatas, kita pake public static void main. Tiap katanya itu punya beberapa arti dan tujuan sob.

Public

Si public ini merupakan access modifier, yang nentuin siapa/apa aja sih yang bisa ngakses method yang pake access modifier ini. Public berarti method bakalan bisa diakses sama class apapun dengan catatan, class-class lain bisa akses class-nya.

Static

Static ini merupakan sebuah keyword yang mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan dengan class. Sederhananya sih, kita bisa manggil sesuatu yang static tanpa harus menginstansiasi class-nya.

Void

Void ini kita pake untuk menetapkan tipe return dari sebuah method. Nah, kalo kita pake si void ini, method gak akan me-return (mengembalikan) nilai apapun.

main

main ini nama method sob. Sesuai dengan penulisan method dalam bahasa Java. Gak boleh diganti nih si main ini, soalnya method main ini di cari sama JVM sebagai starting point untuk sebuah aplikasi.

String args[] / String... args

Terakhir ada si args. Sebuah parameter yang bertipe String array. Kita bisa ganti kata args dengan kata apapun, selama tipenya gak diganti ya sob.

Baca Juga : this pada Pemrograman Java

Nah itulah dia main method yang sering kita temui. Udah tahu kan kenapa sih si main ini sering muncul. Semoga bermanfaat ya!
Load comments