☕️ Class pada Java

☕️ Class pada Java

Photo by The Climate Reality Project on Unsplash

Setelah kesana kemari dan tertawa, emang lumayan bingung juga sih bahas materi satu ini, dan lumayan menantang juga. Soalnya sih bisa di bilang ini udah masuk materi lanjutan untuk pembelajaran bahasa Java, bisa juga dibilang sebagai dasar dari materi selanjutnya yaitu Object Oriented Programming atau yang biasa disingkat OOP.

Class pada Java

Di Java, khususnya di konsep OOP ini, kita harus terbiasa bertemu dengan yang namanya class dan object. Keduanya bisa di katakan hampir sama sob, tapi berbeda. Labil banget si :(

Class ini berisi dari kumpulan perkara yang dibuat untuk tujuan tertentu. Misalnya kalo kita ingin buat dalgona coffee nih, atau buat kopi susu deh, kita harus membuat/menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Misalnya kita perlu class Coffee, terus class Milk, terus kalo mau terasa manis tambahin class Aren, dan sentuhan terakhir agar lebih creamy, kita tambahkan class Creamer. Voila, jadilah program KopiSusu. Paansi :(

Sedangkan object sendiri adalah apa sih gunanya bahan-bahan/class-class diatas. Misalnya, class Coffee ini merupakan class utama dari kopi susu. Mau disebut kopi gimana kalo gak ada kopinya? So, kita gak bisa bikin program KopiSusu tanpa class Coffee, sama halnya juga kalo program ini tanpa class Milk. Aku tanpamu, butiran debu. Terus ada juga class Aren, yang gunanya itu membuat si kopi menjadi manis, dan class Creamer yang akan membuat si KopiSusu ini lebih creamy dan menambah kegurihan si program. So jadilah ia program KopiSusu.

Baca Juga : this pada Pemrograman Java

Sederhana kan? Kita recap sedikit ya. Class merupakan kumpulan perkara yang dibuat untuk tujuan tertentu. Sedangkan object, merupakan kegunaan dari class-class yang dibuat tersebut. Susah ya? Semoga di permudah aja deh yaa. Yo, yang mau diskusi bisa drop di bawah ya!
Load comments