Apa itu Core CUDA di Graphic Card?

Apa itu Core CUDA di Graphic Card?

 Kalo sobat adalah seorang gamer atau yang kerjanya berhubungan dengan grafis, mungkin sobat bakal gak asing sama yang namanya CUDA. Si CUDA ini punya peran penting yang berkaitan dengan performa graphic card kita, namun mungkin gak semua orang tahu persis, buat apa sih si CUDA ini?

CUDA ini merupakan kependekan dari Compute Unified Device Architecture, yang merupakan platform komputasi paralel yang dikembangkan sama NVIDIA. Core-core CUDA pada dasarnya adalah processing unit yang membetuk GPU-nya NVIDIA. Bisa dibilang unit-unit tersebutlah yang berperan dan bekerja sama melakukan perhitungan yang diperlukan buat render gambar, video dan tugas-tugas grafis lainnya. Tiap core CUDA ini bisa jalanin banyak instruksi berbarengan, jadi memungkinkan dia buat melakukan ribuat komputasi secara paralel sob. Ini lah yang buat NVIDIA punya keunggulan lebih dalam hal performa grafis.


Semakin banyak core yang dimiliki graphic card, semakin banyak pula komputasi yang bisa dilakukan secara bersamaan. Inilah yang membuat waktu render lebih cepat dan performa yang lebih baik ketika kita sedang bermain game, ngedit video, bahkan 3D modelling. Sebagai contoh misalnya kita coba bandingkan NVIDIA GeForce RTX 3080 yang punya sekitar 8.703 core, dengan NVIDIA GeForce GTX 1650 yang cuman punya sekitar 896 core. Ini berarti RTX 3080 bisa melakukan komputasi 9x lebih banyak dibandingkan GTX 1650 yang menjadikan si RTX 3080 ini jadi jauh lebih cepet dan tentunya jadi lebih mahil sob. Namun yang perlu diperhatikan adalah core CUDA bukan satu-satunya faktor penting yang menetukan kinerja graphic card sob, faktor lain kaya clock speed, memory bandwith sama kapasitas memory juga sama pentingnya. Cuman, CUDA ini merupakan komponen penting yang bisa buat perbedaan gede dari segi kinerja graphic card secara keseluruhan.

Teruntuk para gamers, CUDA ini sangat penting. Game merupakan salah satu program/aplikasi yang memang memerlukan kinerja grafis yang mumpuni, dan semakin banyak core yang dimiliki graphic card, maka semakin bagus juga handling graphic card terhadap demand dari game-game modern saat ini. Kaya misalnya game Cyberpunk 2077 sama Red Dead Redemption 2 yang butuh graphic card dewa biar processing dari detail-detail 3D game-nya bisa tampil maksimal. Tanpa ini, game sudah dipastikan bakal lag, atau patah-patah yang membuat pemain jadi gak responsive buat memainkannya.

Load comments