Cara Milih Kualitas Video yang Tepat pada Perangkat Mobile

Cara Milih Kualitas Video yang Tepat pada Perangkat Mobile

Semua orang tentu suka nonton video, hampir sih. Baik itu pake perangkat komputer ataupun perangkat mini macam smartphone, menonton video sangatlah menyenangkan, bahkan bisa memperbaiki mood seseorang. Nah, buat yang streaming, tentunya koneksi internet yang stabil menjadi hal yang wajib sob, apalagi yang live streaming. Lantas gimana sama orang-orang yang streaming pake smartphone dengan koneksi rendah?

YouTube

Orang-orang tersebut cenderung dapetin masalah-masalah, mulai dari gambar yang udah kaya kuda lumping sampai buffering yang gak ada habisnya, ya kaya sayangnya aku padamu *Eaa . . Terkadang juga karena pemilihan resolusi yang salah sob, sehingga ya itu tadi, sering terjadi gambar kuda lumping.

Baca Juga : Cara Kerja Wireless Charging

Alasan utama dari video yang gagap atau kuda lumping ini adalah masalah koneksi. Tapi, gimana kalo koneksi emang baik dan stabil, sedangkan gambar tetep patah-patah? Tentu penyebabnya adalah masalah resolusi. Nah, kali ini kita bakalan share tentang cara akurat untuk nentuin atau milih kualitas video yang pas pada perangkat mobile, sehingga meminimalisir terjadinya gagap gambar atau yang di mamang sendiri disebut dengan kuda lumping.

Cara Memilih Kualitas Video yang Tepat untuk Streaming via Perangkat Mobile

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita pilih untuk dapetin pengalaman menonton terbaik untuk streaming video :

#1 Pemilihan Resolusi Video
Resolusi video menentukan kualitas dan output video pada perangkat kita. Nah, sekarang perlu dicatat bahwa untuk perangkat berbeda, resolusi juga berbeda. Resolusi Full HD akan terlihat bagus pada layar besar, sedangkan resolusi 480p akan memberikan output yang sama pada ukuran layar 5 inci atau layar yang sedikit besar. So, jangan buang-buang kuota deh buat nampilin yang Full HD sementara perangkat kita kurang memadai.

#2 Auto Mode

Sebaiknya, kita jangan pernah pilih Auto Mode kaya yang ada di YouTube, karena fitur tersebut ga akan ngasih kualitas video terbaik setiap saat, tapi ia hanya milih kualitas video sesuai kecepatan jaringan kita. So, cobalah pilih resolusi secara manual, jangan biarkan aplikasi yang melakukannya. Merdeka!

#3 Gunakan Pengendali Kualitas Video

Video Quality Controller

Cobalah gunakan aplikasi pengontrol kualitas video pada perangkat kita, yang ia bakalan membatasi kualitas video ke pengaturan pilihan kita. Sebenernya sih ada banyak aplikasi pengontrol kualitas video ini yang bertebaran di Internet yang nantinya kita bakal lihat kualitas video yang sama pada aplikasi lain. Misalnya, kita nonton di YouTube dengan kualitas 480p, nah kalo kita buka juga di Facebook, si aplikasi juga bakal ngatur kualitas video sama seperti itu, yaitu 480p.

Well, itu dia tips tentang cara memilih kualitas video yang tepat bagi sobat yang menonton video dari perangkat mobile. So, buat sobat yang punya tips lainnya, bisa bantu dengan menulisnya di kolom komentar ya! Adios!
Load comments