Kesalahan-Kesalahan yang Menyebabkan Kerusakan Motherboard

Kesalahan-Kesalahan yang Menyebabkan Kerusakan Motherboard

MotherboardKalo kita bicara komputer, yang namanya Motherboard adalah bagian vital dari sebuah komputer, bahkan kita bisa sebut Motherboard itu jantungnya komputer. What? Disini kita bakalan bahas tentang beberapa masalah umum yang menyebabkan Motherboard kita rusak. Kita bisa cegah hal-hal ini terjadi dengan melakukan perawatan terhadap Motherboard kita.


Kesalahan-Kesalahan yang Menyebabkan Kerusakan atau Kehancuran Motherboard

Saat ini, yang namanya komputer itu bukan lagi sebuah barang mewah, yang sedikit sekali orang yang memilikinya. Tapi, komputer itu sendiri udah jadi sebuah kebutuhan di zaman serba otomatis ini. Komputer udah dipakai di berbagai sektor, baik itu yang di perusahaan, kantoran, sekolahan dan bahkan di rumah sendiri pun komputer sedang nangkring disana. Ya, maksudnya di rumah-rumah juga komputer ada sob, masa gak ngerti sih. Nah, kali ini kita bakalan bahas tentang beberapa masalah tentang si Motherboard, yang konon katanya, ini adalah Jantungnya Komputer. What?

Baca Juga : Cara Instal Phyton di Windows

Motherboard adalah sebuah papan yang berfungsi sebagai tempat terhubungnya komponen-komponen komputer, kaya VGA Card, DVD Drive, Hard Disk dan semua aja deh yang terhubune ke Motherboard. So, Motherboard ini sangat-sangat penting untuk kita rawat sob.

Motherboard juga bisa rusak karena berbagai alesan, meskipun ya emang ada beberapa penyebab umumnya juga. Nah, disini kita pengen bahas tentang beberapa penyabab kerusakan Motherboard yang paling umum, so, kita, seengganya bisa menghindari lah penyebab-penyebab tersebut. Kuy ah!

#1 Masalah Panas

Alasan yang paling umum kenapa Motherboard rusak adalah panas sob. Hampir semua komponen komputer, sensitif terhadap panas dan selama semua komponen beroperasi, ia akan terus menghasilkan panas. Apalagi kalo liat mantan udah jadian. What?

Kalo masalah panas berlanjut untuk waktu yang lama, ini akan menyebabkan kerusakan Motherboard. Oleh karena itu, pastikan cooling fan atau kipas kita bekerja dengan semestinya dan simpan CPU di tempat yang dingin. Kita bahkan bisa mencoba untuk membersihkan debu dan kotoran-kotoran yang menempel dari komputer. Oh, iya. Yang paling penting, jauhkan CPU dari bayangan masa lalu. What?

#2 Lonjakan Listrik dan Daya

Lonjakan listrik adalah ledakan singkat pada sirkuit listrik. Mungkin kita pernah memperhatikan perubahan tegangan yang tiba-tiba ketika kita menghidupkan AC atau kulkas. Kurang lebih, ya kalo misal kita nyolokin casan weh ya, suka ada yang "treettt...!" (ledakan super kecil pada stop kontak kita yang mengeluarkan bercak listrik). ya kali. Masalah listrik seperti ini bisa menyebabkan kerusakan Motherboard juga sob, bahkan gak bisa kita perbaiki

Kondisi cuaca kaya petir, juga bisa menyebabkan perubahan tegangan secara mendadak dan inilah yang menyebabkan kerusakan pada Motherboard kita. So, untuk mencegah terjadinya kerusakan Motherboard, sebaiknya gunakan protector yang baik untuk lonjakan dan matikan komputer, atau cabutlah, biar amannya, selama petir-petir sedang bertengkar. What?

#3 Kerusakan Listrik

Selanjutnya, kerusakan ini sering terjadi ketika kita melakukan maintenance atau perawatan terhadap komputer. Selama pemasangan perangkat periferal baru, kalo si teknisi memiliki listrik statis di tangannya, dan masuk ke Motherboard, bisa ngerusak si Motherboard-nya. So, buat para teknisi ya hati-hati. Udah itu aja!

Terkadang sangatlah sulit untuk memeriksa kerusakan pada Motherboard, tapi kadang juga mudah sob. Tapi kalo komputer kita nunjukin kegagalan pada hardware, mungkin ini indikasi kerusakan Motherboard.

Segitu aja dari kita, buat sobat yang punya pandangan lain, atau tambahan, boleh kok tulis pendapatnya dikolom komentar!
Load comments