Pembuat Petya Me-Rilis Key untuk Decrypt File

Pembuat Petya Me-Rilis Key untuk Decrypt File

Beberapa waktu lalu, mungkin dunia dihebohkan kembali dengan sebuah wiper yang bernama Petya/NotPetya. Well, menurut ane sendiri, software berbahaya ini cuman pengen ngikut eksis doang, setelah malware WannaCry yang juga sukses menjadi eksis sebelumnya, hehe . .

Security

Setelah serangan diketahui, beberapa perusahaan keamanan seperti Trend Micro melaporkan bahwa orang yang bertanggung jawab dalam kejadian ini adalah orang yang membuat ransomware Petya yang terdeteksi Maret 2016 lalu. Namun, laporan terakhir dari perusahaan Kaspersky Lab, itu adalah jenis ransomware lain yang tidak pernah ditemukan, jadi virus ini dikenal juga dengan nama NotPetya.

Master Key untuk Decrypt File Ransomware

Sekarang, pembuat Petya yang asli yang merupakan orang atau kelompok yang menamai diri sebagai Janus Cybercrime Solutions, telah merilis master key atau bisa dibilang password  untuk mendecrypt semua versi dari software berbahaya yang mereka/dia buat. Melalui akun twitternya, dia mempost link menuju kepada sebuah file berisi password/master key yang dienkripsi dan terlindungi.

Hasherezade, seorang peneliti keamanan dari perusahaan Malwarebytes, mencoba untuk meng-crack file dan membagikan file tersebut, yang isinya sebagai berikut :
“Here is our Privkey secp192k1:
38dd46801ce61883433048d6d8c6ab8be18654a2695b4723”
Peneliti Kaspersky, Anton Ivanov menguji master key tersebut dan memastikan bahwa itu adalah key privat dari server yang digunakan untuk enkripsi Petya, sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan decoder.

Sayangnya, Janus Cybercrime ini bukanlah pembuat NotPetya, jadi password decrypt yang diberikannya gak bisa digunakan untuk memulihkan konten yang terkena dampak software berbahaya ini.

Baca Juga : Real-Time Video dari Petya

Pembuat yang bertanggung jawab atas serangan Petya beberapa waktu lalu, baru-baru ini memberi tanda-tanda kehidupan, meskipun jauh dari menawarkan solusi kepada korban yang telah dipintai banyak uang. Karena pembayaran NotPetya sudah out of order, cybercriminal tersebut menawarkan $ 250.000 (100 bitcoin) sebagai ganti untuk penyerahan key untuk membebaskan komputer yang terinfeksi.

So, gimana menurutmu sob? Tulis di kolom komentar ya!
Load comments