Inilah Mengapa, Penyimpanan Windows Dimulai dari 'C'

Inilah Mengapa, Penyimpanan Windows Dimulai dari 'C'

Dulu sekali, komputer adalah sebuah kemewahan. Sedikit orang yang memilikinya karena harganya yang mahal. Tapi sekarang, komputer merupakan sebuah kebutuhan, khususnya dalam mempermudah hidup kita.

Floppy Disk

Kalo kita bicara tentang komputer nih sob, tentunya kebanyakan pemakai komputer adalah pengguna OS Windows. Nah, pernahkah sobat bertanya, kenapa sih kalo kita buka Windows Explorer, hard disk/hard drive kita namanya C? Selain itu, ada juga drive D atau E juga. Terus kalo kita masang flash disk juga bakalan F dan seterusnya. Kenapa sih ga A atau B aja?

Keduluan sama Floppy Disk

Kalo sobat pernah melihat-lihat sejarah media penyimpanan komputer, tiap generasi ga punya sistem penyimpanan internal yang gede. Bahkan hard drive aja baru jadi standar di tahun 1980-an. Sebelum hard drive jadi standar, floppy disk-lah yang jadi pilihan utamanya.

Floppy Disk ini adalah penyimpanan utama yang ada dari tahun 1960. Kala itu, floppy disk tersedia dalam ukuran 5 1/4" dan 3 1/2". Kedua drive ini dilabeli sebagai Local Disk (A) dan Local Disk (B).

Baca Juga : Kenalan sama Router

Nah, lalu pada tahun 1980-an, si hard drive ini muncul dan secara bertahap jadi penyimpanan utama di komputer yang dilabeli dengan Local Disk (C) karena A sam B kan udah buat dua floppy disk diatas.

Sekarang, Floppy Disk udah jarang, bahkan gak dipakai lagi. Jadi Local Disk (A) sama (B) udah ga ada di Windows yang sekarang.

Nah itu dia, kenapa penyimpanan di Windows dimulai dari C, gak dari A atau B. Sebenernya, kita juga bisa mengubah urutan pemberian label supaya dimulai dari A atau B dengan menjalankan pilihan Disk Management.

So, menurutmu gimana sob? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!
Load comments