Proxy dan VPN

Proxy dan VPN

Semakin majunya teknologi, semakin menempatkan kita dalam kerentanan, bahkan dewasa ini, benda-benda rumah pun dapat diretas. Namun, kebanyakan dari kita kurang berhati-hati dan cenderung mengabaikannya. Misalnya dengan menggunakan WiFi publik, mengakses situs yang gak aman, download dari Torrents dan terlalu banyak share informasi kita ke banyak aplikasi.

Proxy and VPN

Kalo kita masih belum mengamankan data kita sekarang, mau kapan emang? Gak hanya berhati-hati di jaringan publik, sekarang mah di jaringan rumah pun kita harus berhati-hati. Kita perlu memilih jenis security yang tepat karena ya itu dia, teknologi semakin canggih sob, salah-salah memilih jenis keamanan ya resikonya privasi kita bocor kemana-mana.

Nah, kali ini kita akan fokus bahas tentang dua tindakan pengamanan dalam berinternet, yaitu VPN dan Proxy.

Perbedaan Proxy dan VPN

Sebuah proxy bekerja dengan mengalihkan semua lalu lintas kita melalui server jarak jauh, yang membuat seolah-olah koneksi kita ada dimana saja. Misalnya kita di Indonesia nih, kita bisa seolah-olah berada di Amerika dengan menggunakan Proxy. Gak hanya memungkinkan kita mengakses situs-situs yang di blokir atau tidak tersedia di negara/daerah kita, tapi juga melindungi lokasi kita, dikenali sama website yang kita kunjungi.

Baca Juga : Google Hapus Fitur Instant Search

Proxy juga berguna untuk aktifitas dengan resiko rendah, seperti melihat konten terbatas, dan proxy pun relatif murah. Namun, proxy ini gak mengenkripsi data kita, sehingga ya rentan sama hacker dan penguntit. Inilah mengapa kita perlu pertimbangkan penggantinya, yaitu menggunakan VPN. Sebuah VPN bekerja dengan mengekripsi data melalui browser dan sistem operasi kita. Mereka mengamankan IP kita, lokasi, informasi web dan aplikasi kita. Meskipun mereka me-rute kan konten melalui server jarak jauh kaya proxy, mereka jauh lebih aman.

Menggunakan Proxy

Kalo kita udah pertimbangin untuk menggunakan proxy di jaringan rumah dan kita yakin gak melakukan sesuatu yang sangat beresiko, kita bisa gunaik proxy dengan dua pilihan, HTTP dan SOCKS. Proxy HTTP berurusan dengan trafik berbasis web, sementara proxy SOCKS mencakup File Transfer Protocol yang sabi bantu kita untuk download Torrent dan yang sejenisnya. tentu kalo kita mendownload dari Torrent kita perlu pertimbangin buat pake VPN aja deh.

Sementara proxy gratis tersebar dimana-mana, kita bakalan jauh lebih aman menggunakan proxy berbayar.

Menggunakan VPN

Kalo kita butuhnya data dienkripsi, kita perlu menggunakan layanan VPN. Ada beberapa yang berargumen kalo tiap orang harus menggunakan VPN karena kita semua sangatlah rentan hacker dan penguntitan pemerintah. Untuk mendapatkan VPN yang cocok, kita perlu riset dulu sob, dan sebisa-bisa gunain VPN yang berbayar yang punya ulasan atau feedback yang bagus.

Emang sih, banyak juga VPN gratisan tapi VPN yang kaya gitu sangatlah terbatas dan mungkin bisa aja nempatin kita dalam resiko.

Nah, itu dia sedikit info tentang Proxy sama VPN. So, gimana menurutmu sob? Tulis di kolom komentar ya!
Load comments