nRansomware, Ransomware yang Pengen Foto Telanjang

nRansomware, Ransomware yang Pengen Foto Telanjang

Kenapa orang bikin ransomware? Sebagian besar orang membuatnya untuk meraup uang dari target mereka. Tapi ada beberapa jenis ransomware unik yang bukan dibuat untuk menghasilkan uang ataupun bitcoin, tapi sesuatu yang lain.

Ransomware

Kamis kemaren, peneliti dari MalwareHunterTeam nemuin malware yang bernama nRansomware. Ransomware ini berbeda dengan ransomware yang biasanya kita pake uang untuk nebus dan kembaliin data kita. Untuk nebusnya, ransomware ini menginginkan foto telanjang kita.

"Your computer has been locked. You can only unlock it with the special unlock code,". Pesannya kaya gitu sob.

nRansomware

Korban harus ngirim email ke penyerang, yang berisi 10 foto telanjang. Penyerang kemudian bakal memverifikasi kalo foto tersebut adalah foto korban, dan ngasih kode tanpa mengenakan biaya apapun.

Menurut pesan tersebut, penyerang bakal jual foto-foto tersebut di deep web (atau yang dikenal dark web). Jumlah korban yang terkena ransomware ini belum diketahui jumlahnya.

Baca Juga : VEVO Diretas : 3.12 TB Data Bocor

Aplikasi jahat tersebut nyebar dalam bentuk nRansom.exe yang bisa dieksekusi yang telah ditandai sebagai software "berbahaya" oleh berbagai antivirus macam VirusTotal dan Hybrid Analysis. So, nampaknya virus ini bukanlah lelucon belaka.

Tapi, faktanya, ransomware tersebut gak mengenkripsi file dan hanya mengunci layar, yang membuat kita berasumsi kalo itu cuman lelucon gambar. Bahkan para peneliti keamanan belum nemuin siapapun yang terinfeksi NRansomware tersebut.

So, gimana menurutmu sob? tulis di kolom komentar ya! Adios!
Load comments