Cara Akses Router yang Lupa Password

Cara Akses Router yang Lupa Password

Kalo misal kita lupa password router kita, minjem router orang atau cuman bantu temen setup router, kita bisa mereset password router ke setelan pabriknya.

Router

Routers melindungi interface web merek—dimana kita bisa mengatur jaringannya, pengawasan orang tua dan setting port forwarding—dengan sebuah username dan password default. Kita bisa mengganti password default ini jadi lebih aman, tapi kita jadi sadar hak akses apa yang kita punya dan tak bisa apa-apa.

Baca Juga : Kenalan sama Router

Temukan Username Default dan Password

Sebelum me-reset router kita ke pengaturan default, kita harus coba dulu menggunakan username dan password default untuk login. Mungkin saja kan, sejak pertama sampai sekarang, username dan password belum diubah.

Ada beberapa cara untuk menemukan informasi tersebut :
  • Baca manual router : Model router itu berbeda-beda—bahkan walaupun satu pabrik—dan beda model, tentunya username dan password akan berbeda. Untuk menemukan username dan password default router, cari di manual-nya. Kalo buku manualnya hilang, kita juga bisa menemukannya dengan melakukan pencarian untuk model router dan manual kita di Google.
  • Cari di sticker router : Beberapa router—terutama yang dari provider—dikirim dengan password yang berbeda-beda. Password ini terkadang dicetak pada sticker di router itu sendiri.
  • Coba kombinasi username dan password umum : Secara default, beberapa routers menggunakan username blank dan password "admin" (tanpa tanda kutip), ada yang menggunakan username "admin" dan password blank, atau ada juga yang baik itu username maupun password-nya "admin".
  • Cek routerpasswords.com : Kalo sobat gak punya manual dan username dan password router tidak bisa digunakan, kita bisa menemukan list yang cukup komprehensif dari username dan password untuk berbagai router di RouterPasswords.com.

routerpasswords.com

Reset Router ke Setelan Pabrik

Routers punya tombol kecil dan tersembunyi yang bisa ditekan untuk me-reset router ke setelan pabrik. Tombol ini me-reset perubahan pengaturan yang kita buat—port yang di forward, pengaturan jaringan, pengawasan orangtua dan custom password semuanya dihapus. Setelah me-reset, kita akan bisa mengakses router dengan default username dan password, tapi akan memakan waktu beberapa saat untuk mengonfigurasi router kembali.

Proses yang tepat (dan lokasi tombol reset) berbeda-beda, tergantung pada routernya. Untuk hasil terbaik, periksa manual router untuk berbagai instruksi yang lebih spesifik. Namun, proses biasanya sama untuk kebanyakan router.

Reset Button

Pertama, cari di belakang (atau mungkin di bawah) router. Kita akan melihat tombol spesial yang dilabeli reset. Tombol ini biasanya berada di lubang di dalam yang dikenal sebagai sebuah "pinhole", so kita gak akan bisa menekannya secara tidak sengaja.

Untuk me-reset router, kita perlu menekan tombol ini (selama router terhubung ke daya) dan tahan selama kurang lebih 10 detik. Setelah melepas tombol, router akan me-reset dengan sendirinya dan lalu reboot.

Setelah me-reset router, kita bisa log in dengan username dan password default.

Well itu dia sob, gimana cara log in router yang kita gak tahu username dan password-nya. So, gimana menurutmu? Agak bingung gak? Coba deh tulis di kolom komentar ya!
Load comments