Radio Imut nan Menggemaskan Ini Buatan Anak Negri Lho!

Radio Imut nan Menggemaskan Ini Buatan Anak Negri Lho!

Magna, radio vintage buatan orang Temanggung, Jawa Tengah ini diminati oleh pasar dunia. Radio yang cukup menggemaskan ini berharga jutaan rupiah per-unit-nya sob. Sedangkan di Eropa, harga 1 unit-nya itu 260 Euro atau sekitar 5,2 Juta rupiah. Hemm...

Sumber : www.magno-design.com

Radio Vintage Buatan Anak Negri

Radio unik bernuansa vintage dan lucu ini merupakan inovasi yang diciptakan Singgih Susilo Kartono, seorang lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Pria kelahiran Desa Kandangan, Temanggung ini sebenernya gak menyangka kalo Radio Magno yang semula adalah sebuah prototype produk dari tugas akhir kuliahnya, kini bisa nembus pasar internasional.

Ia memulai usahanya pada tahun 2005. Produksi yang bisa dibilang kecil-kecilan ini nyatanya bisa mendunia. Bahkan ketika Amerika dan Eropa sedang krisis-krisisnya, permintaan Radio vintage nan menggemaskan ini gak terganggu sedikit pun.

Well, siapa sangka, gara-gara tampilannya yang simple dan unik ini, radio tersebut banyak digemari hingga di luar negeri.

Bersama puluhan orang karyawannya, tercatat sudah ribuan unit radio yang diproduksi, dan sekarang, produksi Magno yang bertempat di studio workshop milik Singgih ini bisa menghasilkan 300 unit perbulannya.

Workshop ini mempekerjakan sekitar 40 orang yang sebagian besar merupakan warga Desa Kandangan sendiri. Rata-rata dari mereka memiliki pengalaman memproduksi kayu. Melalui pelatihan intensif yang dilakukan di bengkel Magno, para pekerja pun bisa menghasilkan barang dengan kualitas tinggi yang memenuhi standar ekspor. Amazing gak tuh?

Sekitar 95% penjualan Magno ini diekspor dan 5% untuk pasar negeri seperti Jakarta, Bali, Bandung dan beberapa daerah lainnya. Negara-negara di dunia yang menjadi pasar Magno diantaranya Amerika Serikat, Brazil, hampir semua negara Eropa, Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, Australia dan Selandia Baru.


Baca Juga : Handphone Gak Bisa Dipake di Kapal Selam

Nah itu dia sob, sedikit info tentang produk anak negri yang mendunia. Tertarik dengan radionya sob? Atau pengen berwirausaha seperti itu juga?
Load comments