Hati-Hati dengan Ponsel!

Hati-Hati dengan Ponsel!

Dewasa ini, smartphone menjadi hal yang tak terlepaskan dari kehidupan. Selain untuk berkomunikasi, kini smartphone juga menjadi alat yang penting bagi para pelaku bisnis. Misalnya, yang jualan online atau selebgram. Semakin intensnya penggunaan smartphone, ternyata memiliki dampak buruk bagi penggunanya. Salah satunya adalah tumor otak. Kok bisa?

Jangan Tidur dengan Smartphone

Hindari Penggunaan Smartphone yang Lama

Menurut laporan The All India Institute of Medical Sciences (via WowFakta), penyebab tumor otak terjadi para orang-orang yang menggunakan ponsel selama lebih dari 45 menit dan peningkatan jumlah kasus terjadi akibat menyimpan ponsel dibawah bantal ketika tidur.

Dikabarkan kalo kita sering nyimpen ponsel dibawah bantal tidur itu, bisa menyebabkan tumor otak sob. Penyebabnya karena radiasi medan elektromagnetik dari ponsel. Dilansir dari Jaman Boldsky, The All India Institure Medical Sciences (AIIMS) New Delhi India dalam laporannya tahun lalu nyebutin, penyebab tumor otak terjadi pada orang-orang yang pake ponselnya selama lebih dari 45 menit sob, dari penelitian selama satu dekade terakhir, mengalami kenaikan sebanyak 33 persen sebagai akibat dari paparan radiasi ponsel.

Peningkatan besar dalam jumlah kasus tumor otak juga terjadi ketika orang terus menyimpan ponselnya di bawah tempat bantal ketika tidur.

Meskipun risiko terkena tumor otak ini bisa dialami siapa aja, tapi, beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi, khususnya wanita hamil. Selain itu, efek radiasi ponsel juga dapat memengaruhi kualitas sperma pada pria.

Radiasi ponsel tidak hanya berdampak pada orang dewasa, tetapi uga berdampak pada aktifitas otak anak-anak. Paparan radiasi dari ponsel bisa menyebabkan sel-sel otak pada anak-anak mudah rusak. Karena radiasi jugalah tubuh si kecil tidak sepenuhnya berkembang dengan baik. Ketika anak-anak mulai menggunakan ponsel pada usia dini, mereka memiliki tingkat penggunaan ponsel seumur hidup. Oleh sebab itu, penggunaan ponsel selama beberapa dekade tersebut berisiko terhadap kesehatan mereka.

Baca Juga : Instagram Punya Fitur Baru Lho!

Keberadaan ponsel dalam kehidupan kita emang amat sangat membantu sob. Namun kita juga harus menggunakannya dengan benar dan bijaksana. Jangan sampai teknologi tersebutlah yang menyebabkan kerugian, bahkan mengancam kesehatan kita. Ya ga?
Load comments