Mirroring Android di Laptop

Mirroring Android di Laptop

Buat ane pribadi, salah satu tools penting yang biasa di pake untuk presentasi apps, khususnya apps Android adalah screen mirroring. Jadi, ketika kita connect-in device Android ke laptop, kita bisa liat layar, bisa klik-klik device kita tanpa harus megang device-nya, cukup kendaliin lewat laptop/PC kita. Tools ini memudahkan kita ketika presentasi, misal pas meeting gitu sob presentasiin progress kerjaan, atau misal untuk testing menggunakan device, tangan gak perlu ribet-ribet pindah-pindah.

scrcpy

Nah, kali ini ane pengen share nih, tools gratis yang sangat powerful buat nampilin layar Android kita di laptop, dan pastinya kita juga bisa kendaliin Android kita lewat laptop/PC. Namanya scrcpy (ane biasanya nyebutnya screen copy). scrcpy ini merupakan sebuah aplikasi desktop yang bisa menampilkan layar dan juga mengontrol device Android kita yang terhubung melalui port USB atau juga melalui protokol TCP/IP. katanya gitu sih. Aplikasi ini juga bisa kita pake di Windows, Linux maupun MacOS.

scrcpy terminal

Beberapa fitu unggulan dari scrcpy ini adalah
  • Ringan
  • Performanya cukup bagus (30~60fps)
  • Kualitas gambar (1920x1080 atau lebih tinggi)
  • Startup time-nya cepet (butuh sekitar 1~2 detik untuk bekerja)
  • Gak perlu install apa-apa di device Android-nya
Untuk instalasinya juga mudah sob, asal laptop/PC sobat dan juga device Android-nya udah memenuhi beberapa persyaratannya, yaitu Android-nya itu minimal harus Android 5.0 (API 21), terus si adb debug nya udah di aktifin, sama untuk beberapa device perlu ada setup tambahan. Detailnya bisa di liat melalui link ini sob.

Setelah memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut, tinggal install aja deh. Detail per-platform-nya bisa sobat liat disini, sesuai dengan sistem operasi yang sobat gunakan.

Setelah diinstal, untuk menjalankannya kita cukup buka terminal atau cmd kali yaa di Windows mah, lalu ketikin deh scrcpy. Setelah itu bakal muncul sob, si layar Android kita.
scrcpy macOS
Untuk keseharian sih ane pake ini sebagai tools buat control device lewat laptop. Sejauh ini ane nyaman-nyaman aja sob. Kadang juga dipake buat nonton netflix di Android, atau kadang juga maen game CR biar layarnya lebih gede atau aktifitas-aktifitas lainnya.

Oke, segitu aja yaa kali ini, semoga bermanfaat sob, kalo mau diskusi, yuk di komentar :D
Load comments