WhatsApp Color : Scam Berkedok Ganti Warna Tampilan

WhatsApp Color : Scam Berkedok Ganti Warna Tampilan

Well, dunia cyber memang penuh dengan hal yang emang tak terduga sob. Seperti halnya kasus WannaCry kemaren yang emang meresahkan beberapa pihak. Kini keresahan juga terjadi pada aplikasi WhatsApp. Yap, keresahan berkedok "New Colors for WhatsApp" juga membanjiri instant messenger tersebut.

WhatsApp Color

Dilansir dari Tekno Kompas, scam tersebut berisi url yang udah di pendekin dengan URL Shortener-nya GoDaddy yang bakal ngarahin kita ke situs wp8.link.color. Nah, setelah kita pergi ke situs tersebut, kita bakal nemuin hadiah-hadiah yang cukup menggiurkan dengan ketentuan-ketentuan yang emang menjengkelkan, misalnya ngundang 5 atau 10 temen di kontak.

WhatsApp Color
Sumber : http://tekno.kompas.com

Nah, kalo udah share, tentunya orang mana yang ga akan tertarik sama hadiah yang menggiurkan tersebut dan bakal ngundang 10 temen lainnya. Alhasil, terjadilah banjir scam.
Link
Dampaknya, penerima scam ini bakal dibanjiri sama iklan-iklan yang mengganggu sob. Bahkan mungkin, bisa aja sebagiannya adalah Adware.

Yang paling ringan, pengguna bakal dibanjiri iklan instalasi aplikasi cleaner atau opera mungkin. Yang agak-agak ngancem juga ada, seperti smartphone anda sedang dalam bahaya atau apalah itu, yang buat pengguna jadi khawatir. Dan yang lebih berbahayanya adalah tampilnya iklan dewasa atau konten pornografi, atau mungkin iklan yang tadi ane sebutin, Adware.

Pencegahannya simple sih sob. Kalo sobat dapetin pesan yang berisi WhatsApp Color atau bosan sama warna whatsapp yang kaya gituan lah, jangan diklik sama disebarin sama kontak sobat. Selain itu, kalo sobat klik tautan-tautan kaya gitu dan nyuruh share ke kontak sobat, cukup perhatikan URL atau alamat web nya, apakah itu emang dari WhatsApp-nya atau bukan sob. Kalo bukan ya jelas itu hal yang ga resmi dari WhatsApp-nya.

Di era modern dan banyak yang menggunakan teknologi ini, kita harus jeli dan cerdas dalam memilih dan memilah. Jangan mau terbawa arus teknologi, tapi cobalah jadikan teknologi yang mengikuti kita.

So, apa pendapatmu tentang scam ini sob? Tulis di kolom komentar ya!
Load comments