5 Mesin Pencari yang Menjunjung Tinggi Nilai Privasi

5 Mesin Pencari yang Menjunjung Tinggi Nilai Privasi

Privasi adalah perhatian tertinggi di tahun 2017. Kita tahu bahwa Google memiliki prying eye atau mata pengintip untuk setiap pengguna, dan menyimpan rekam jejak penelusuran yang pernah kita lakukan untuk memberikan hasil pencarian terbaik dan juga untuk memberikan jenis iklan yang sesuai.

Search Engine

Nah, kali ini, kita bakalan share tentang 5 mesin pencari yang tidak nyimpen rekam jejak penelusuran kita. Kita bisa gunain mesin-mesin pencari ini tanpa khawatir tentang privasi kita.

Baca Juga : Kalo Sobat Instal Game Ini, Uninstal Segera

1. DuckDuckGo

Kalo bahas mesin pencari pribadi, mungkin mesin pencari yang pertama kali terlintas adalah DuckDuckGo. Tujuan adanya mesin encari ini adalah agar orang-orang menjelajah internet ini secara anonim. DuckDuckGo ini nyediain hasil yang cepat tanpa iklan. So, kalo sobat pengen coba mesin pencari yang lain selain Google, mungkin DuckDuckGo adalah rekomendasi pertama kita.

DuckDuckGo

2. WolframAlpha

Ini juga mesin pencari yang keren sob. Mesin pencari ini menyediakan jawaban yang akurat buat kita. WolframAlpha juga tidak menyimpan rekam jejak kita dan ia adalah pengetahuan yang dikemas menjadi mesin pencari.

3. Startpage

Startpage adalah mesin pencari lainnya yang ga nyimpen rekam jejak pencarian kita. Ia juga memungkinkan kita untuk melakukan aktifitas browsing melalui server proxy untuk mencegah website-website yang melakukan tracking IP atau lokasi kita.

4. Yippy

Yippy ini juga adalah mesin pencari yang menjunjung tinggi 'harga dari sebuah privasi'. Keistimewaannya adalah menyaring hasil pencarian kita secara manual, ke dalam kategori-kategori dan memberi flag pada hasil yang kurang tepat. Tak seperti hasil pencarian lainnya, Yippy memungkinkan pencarian berbagai jenis konten, termasuk berita, pekerjaan, web, gambar dan lain-lain.

Yippy juga memungkinkan kita untuk melihat laman-laman yang di cache dan menyaring hasil berdasarkan tag clouds, website, source. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah Yippy ga nampilin iklan.

5. Gibiru

Gibiru adalah mesin pencari yang tidak disensor dan juga mengenkripsi data pencarian kita secara penuh untuk mencegah berbagai kemungkinan bocornya data ke pihak ketiga. Gibiru juga lebih cepat dibanding kebanyakan mesin pencari lainnya karena ia menggunakan 'Google Custom Search'untuk menyediakan layanannya.

Nah, itu dia sob 5 search engine yang ga menyimpan rekam jejak penelusuran kita selama melakukan penelusuran. Well, jadi menurutmu gimana nih sob, apa pendapat sobat tentang privasi? Tulis di kolom komentar ya!
Load comments