Cara Buat Run Command Sendiri

Cara Buat Run Command Sendiri

OS Windows yang merupakan buatan Microsoft ini memiliki banyak fitur. Itulah mengapa, OS tersebut menjadi acuan pertama bagi para pengguna karena penggunaannya yang mudah dan memiliki banyak fasilitas, dan salah satunya adalah Command Run, atau Perintah Run. Command Run ini adalah jenis path yang kita set untuk membuka sebagian aplikasi, dan kita bisa menggunakan command ini untuk menjalankan program atau file di komputer kita.

Run

Command Run ini biasanya udah default dari Windowsnya, kaya cmd, msconfig dan lain-lain. Tapi apakah sobat tahu, kita juga bisa membuat command sendiri?

Cara Buat Command Run Sendiri

Pada umumnya, command run dieksekusi melalui kotak Run, yang dibuka dengan menekan tombol Windows + R. Namun, kita hanya bisa mengakses beberapa aplikasi, gak semuanya. So, kali ini kita bakal share tentang cara mudah untuk membuat command run sendiri dari software-software kita, sesuai keinginan.

Baca Juga : MIUI 9 Update


Cara Paling Sederhana

Bisa dibilang, ini adalah cara yang mudah untuk pembuatan command. Disini kita tidak perlu mengubah pengaturan Windows apapun. Kita cuman perlu Cut/Paste Shortcut ke folder windows untuk membuat command.

Langkah Pertama. Kita perlu memilih aplikasi yang akan kita buat shortcut-nya.


Langkah Kedua. Klik kanan aplikasi dan pilih Create Shortcut


Langkah Ketiga. Pindahkan shortcut tadi ke folder Windows (Local Disk:C > Windows).


Nah itulah cara yang paling sederhana untuk membuat command run. Sekarang coba jalankan lewat run sob!

Menggunakan AddToRun

AddToRun ini adalah tools sederhana yang memungkinkan kita untuk membuat file atau aplikasi apapun dari kotak Run. App ini memiliki interface yang sangat simple, yang memungkinkan kita untuk memilih file dan menentukan sebuah alias atau nama yang ramah diingatan pengguna.


Nah itulah cara membuat command run kita sendiri. Sebenarnya ada cara lain yang bisa kita gunakan, tapi ya kita cuman share cara yang paling mudah dan simple supaya sobat juga bisa menggunakannya.

So, gimana menurutmu sob? Tulis di kolom komentar ya pendapatmu!
Load comments