Cara Melihat Siapa Aja yang Login di Komputer Kita

Cara Melihat Siapa Aja yang Login di Komputer Kita

Pernahkan sobat ingin tahu, kapan dan siapa aja sih yang menggunakan komputer kita? Buat yang pake Windows edisi profesional, kita bisa ngaktifin logon auditing untuk melacak akun pengguna yang digunakan untuk login dan kapan waktunya.

Siapa Aja yang Login di Komputer Kita

Pengaturan Audit Logon Events ini melacak login lokal dan login jaringan sob. Tiap kali siapa saja login dari akun pengguna manapun, si audit logon ini akan menentukan dan menyimpan data login, akun pengguna mana yang digunakan dan kapan waktu loginnya.

Catatan : Logon Auditing hanya akan bekerja pada Windows versi Professional. So, buat sobat yang memiliki Home Edition mungkin ga akan bisa menjalankan Logon Auditing ini. Fitur ini juga seharusnya bisa bekerja pada Windows 7, 8 atau bahkan Windows 10, meskipun tampilannya akan berbeda tergantung pada versi yang digunakan. Disini, saya menggunakan Windows 8.1 Pro.

Mengaktifkan Logon Auditing

Pertama, buka Local Group Policy Editor. Caranya tekan tombol Windows + R, lalu ketikan gpedit.msc di kotak Run dan tekan Enter.

gpedit.msc

Arahkan ke folder berikut : Local Computer Policy > Computer Configuration > Security Settings > Local Policies > Audit Policy.

Local Group Policy Editor

Double klik Audit logon events policy setting di sebelah kanan. Pada jendela properties, aktifkan success untuk login yang berhasil. Kita juga bisa mengaktifkan failure untuk login yang gagal.

Audit Logon Events Properties

Setelah itu klik OK. Nantinya, jika sobat memilih yang success saja, tiap login yang berhasil akan terlacak oleh fitur tersebut. Sedangkan bagi sobat yang memilih failure dan success, tiap login yang berhasil dan gagal akan terlacak oleh komputer.

Melihat Kapan dan Siapa yang Login

Setelah mengaktifkan pengaturan ini, Windows akan mencatat tiap login, termasuk username dan waktu ke system security log.

Untuk melihatnya, buka Event Log. Pada kotak pencarian ketikkan View Event Log dan klik untuk membukanya.

View Event Logs

Arahkan ke Windows Logs > Security.

Event Viewer

Lihat untuk setiap event dengan ID 4624. Ini menunjukan semua login yang berhasil.

Untuk melihat informasi lebih, misalnya seperti akun pengguna yang dipakai login, kita bisa double klik peristiwa tersebut dan men-scroll-nya kebawah.

Event Properties

Kalo security log sobat berantakan, kita bisa klik Filter Current Log... yang ada di sidebar dan saring dengan event ID 4626. Event Viewer nantinya hanya akan nampilin event logon.

So, itu dia cara mengetahui kapan dan akun mana yang digunakan login Windows di komputer kita. Sobat punya pertanyaan? Tulis di bawah ya!
Load comments