Tools Gratis untuk Memeriksa Kerentanan Petya

Tools Gratis untuk Memeriksa Kerentanan Petya

Setelah kerusakan luas yang disebabkan oleh WannaCry, jenis serangan yang sama ditemuin di Bank Ukraina. Serangan yang masih berlangsung ini siap membuat banyak kerusakan di seluruh dunia. India, Eropa dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang udah kena dampak tersebut.

Wiper

Peneliti keamanan menjelaskan Petya sebagai sebuah wiper, atau penghapus yang lebih buruk dari ransomware. Matt Suiche, founder perusahaan keamanan Comae udah neliti Petya dan nemuin bahwa ia adalah wiper atau penghapus yang ngapus semua sektor dari disk komputer.

Baca Juga : Tips Mengatasi Ransomware WannaCry

Perusahaan keamanan, Kaspersky juga neliti id instalasi yang ditampilkan di layar korban yang kata mereka sih cuman ngasilin data acak. Perusahaan keamanan mengatakan bahwa penyerang ga bisa benar-benar mendecrypt kembali disk setelah dapetin uang tebusan karena ga punya decrypt key-nya.

Satu Tombol Pencegah Petya

Baru-baru ini, peneliti keamanan Elad Erez udah buat tool yang diketahui bernama Eternal Blues. Dengan aplikasi ini, penggunannya bisa menguji apakah komputer yang pengguna gunakan itu rentan ke Petya atau engga.

Eternal Blue
Sumber : Omerez.com

"Kebanyakan korban WannaCry sama NoPetya (Petya, GoldenEya atau apalah namanya), adalah bukan organisasi teknis dan terkadang cumah bisnis kecil yang ga punya tim keamanan atau bahkan ga ada divisi IT buat bantu mereka meringankan wabah ini", tulis Elad Erez di blognya.

"Nmap, Metasploit atau tes penetrasi lainnya, adalah hal yang gak akan pernah mereka lakukan. Saya bertujuan untuk membuat sebuah tombol sederhana yang bisa ngasih tahu kita tentang satu hal yaitu, yang sistemnya rentan di jaringan anda".

Eternal Blue adalah tool gratis yang bisa memeriksa jaringan kita untuk melihat apakah mereka masih rentan atau engga. Kita bisa download tools-nya dan tekan tombol Scan untuk menyuruh si Eternal Blue meriksa komputer kita.


Well,kalo sobat nemuin komputer sobat dalam keadaan rentan, sobat cuman perlu instal patch dari Microsoft dan tetap menjaga agar OS sobat tetep up to date. So, apa yang sobat pikirin tentang ini? Share pandangan sobat dibawah ya!
Load comments