26 Tahun Linux : Happy Birthday Linux

26 Tahun Linux : Happy Birthday Linux

Pinguin? Linux? Sobat tahu gak sih tentang OS satu ini? Yap, Linux. Buat sobat yang gak tahu, Linux adalah sebuah sistem operasi open source yang pada awalnya dibuat dengan berbasis arsitektur Intel x86. Linux ini identik dengan OS yang gratisan, karena ya namanya juga open source, udah gratis, source code-nya juga tersedia secara gratisan.

Penguin

Lantas, ada apa sih sama Linux? Nah, pada artikel ini kita pengen ngingetin kepada sobat, khususnya para pengguna Linux dan Linux Addict, kalo Linux sekarang udah 26 tahun. Yupp, tepatnya di tanggal 25 Agustus ini sejak 25 Agustus 1991 lalu.

Linux Sekarang

Hari ini adalah hari tepat 26 tahunnya Linus Torvalds sang kreator, mengirimkan sebuah pesan kepada para developer. Sebuah pesan yang berisi gagasannya tentang proyek pribadinya yang baru.

Penggunaan sistem operasi Linux ini berkembang dari hari ke hari dan telah menjadi bagian yang tak terabaikan dari kehidupan kita. Linux sendiri sekarang sudah merambah ke berbagai jenis perangkat, diantaranya smartphone, komputer, router, data center dan bahkan website.

Baca Juga : Pakaian yang Bisa Membesar

Meskipun ya si Linux masih belum mampu mengalahkan Microsoft, para pecinta open source di seluruh dunia selalu memilih untuk tetep pake Linux. Bahkan, Microsoft sendiri nyatain kalo mereka tertarik pada Linux.

Baru-baru ini, Microsoft nambahin Ubuntu Linux di Windows Store mereka yang dibuat untuk mempermudah pemasangan tools Linux di Windows 10 dan nge-run aplikasi Windows dan Linux secara berdampingan. Gak hanya Ubuntu, Microsoft juga ngungkapin kalo pihaknya melakukan kerjasama dengan SUSE dan Fedora, dan bakalan bawa distro Linux mereka ke Windows Store.

Linux yang sekarang merupakan salah satu proyek open source yang paling sukses di dunia. So, apa pendapatmu tentang Linux sob? Tulis di kolom komentar ya! Adios!
Load comments