Hacker Menggunakan Janji Spoiler Game of Thrones untuk Nyebarin Malware

Hacker Menggunakan Janji Spoiler Game of Thrones untuk Nyebarin Malware

Masih inget sama HBO yang diretas hacker beberapa waktu lalu sob? Kayanya HBO stres berat nih, perusahaannya dibantai habis-habisan. Atau mungkin Enggak?

White Walkers Game of Thrones

Mengiming-Imingi Korban dengan Episode Game of Thrones

Sebuah laporan dari perusahaan cyber security Proofpoint mengatakan bahwa mereka mengamati sebuah "kampanye email yang ditarget" yang menggunakan episode-episode Game of Thrones untuk mencoba menyebarkan malware kepada para pengguna yang sama sekali tidak menaruh curiga.

Perusahaan tersebut pada awalnya nemuin email pada tanggal 10 Agustus dengan subjek "Wanna see the Game of Thrones in advance?" Email tersebut berisi beberapa detail umum dari episode yang akan datang, serta lampiran dalam bentuk file Microsoft Word dengan malware yang tersembunyi di dalamnya. Setelah diunduh, ia akan mencoba menginstal remote access Trojan "9002" (RAT). Proofpoint mengatakan bahwa serangan serupa pernah terjadi di masa lalu oleh kelompok yang berkaitan dengan pemerintah China, dan mungkin saja serangan ini juga datang dari pelaku yang sama.

Email yang Diterima Korban

Pada akhir Juli kemarin, hacker mencuri 1,5 terabyte data dari HBO, termasuk informasi kontak para aktor dan aktris, episode dan skrip yang tidak ditayangkan.

Proofpoint sendiri mengatakan bahwa pelanggaran yang dibuat HBO dan serangan ini ada hubungannya. Hacker dibalik percobaan phising ini menggunakan kebocoran GoT sebagai cara untuk membuat orang mengklik dan menginstal software mereka secara tidak sengaja.

Baca Juga : Aplikasi yang Bisa Bantu Bikin Ransomware, Tanpa Koding

Well, gimanapun selalu berhati-hatilah dalam berinternet dewasa ini sob. Karena, salah-salah ya data dan informasi fatal kita bisa bocor dan jatuh ke tangan yang salah. So, gimana nih menurutmu sob? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!
Load comments