Developer Android Harus Hati-Hati

Developer Android Harus Hati-Hati

Kalo sobat merupakan seorang pengguna ponsel Android, sobat harusnya sadar tentang sebuah fitur yang namanya "Accessibility/Aksesibilitas". Layanan tersebut pada dasarnya adalah seperangkat fitur yang dirancang untuk orang yang berkebutuhan khusus untuk bantu mereka menavigasi dan menggunakan ponsel Android.

Android

Baru-baru ini, Google ngirim pesan peringatan ke aplikasi-aplikasi yang memerlukan izin untuk meggunakan layanan aksesibilitas tersebut.

Penyalahgunaan Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas ini merupakan fitur yang sangat brilian untuk orang berkebutuhan khusus. Namun, lain cerita dengan orang yang punya niat jahat. Fitur ini juga bisa disalahgunakan untuk mendapatkan informasi sensitif dari pengguna yang tak berdaya. Google sendiri udah mengatakannya bahwa mereka akan menghapus aplikasi-aplikasi semacam itu dari Play Store-nya yang bisa menimbulkan kekacauan di ranah keamanan ponsel Android.

Android Police melaporkan "Kemungkinan besar, Google akan menindak layanan aksesibilitas dengan alasan keamanan. Sementara aplikasi seperti LastPass, menggunakan API yang tersedia untuk mengidentifikasi field password di aplikasi lain, tingkat akses ini juga bisa digunakan untuk tujuan jahat"

Pada surat yang dikirim ke pengembang aplikasi, Google menyatakan "selain developer yang bisa mendeskripsikan bagaimana aplikasi menggunakan layanan aksesibilitas dengan benar untuk membantu pengguna yang tak mampu, maka semua permintaan layanan aksesibilitas aplikasi perlu dihapus atau aplikasinya yang dihapus dari Play Store."

Baca Juga : Cara Pastiin File Aman atau Engga

"Semua pelanggaran sedang dilacak. Pelanggaran apapun yang berat dan berulang, akan mengakibatkan penghentian akun pengembang dan investigas serta kemungkinan penghentian akun Google terkait."

Apakah Google benar-benar akan membersihkan Play Store? Semoga aja ya! So, menurutmu sendiri gimana sob? Tulis di kolom komentar ya! Adios!
Load comments