Ruangan Tersunyi di Dunia?

Ruangan Tersunyi di Dunia?

Sunyi. Menurut sobat nih, kalo denger kata sunyi yang tergambar di pikiran sobat apa? Kuburan? Atau apa nih? Well, kalo misal sobat nyangka tempat tersunyi itu kuburan, atau gua-gua di gunung, mungkin kurang tepat. Nyatanya, ada ruang sunyi yang terletak di kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington.

Anechoic Chamber

Nama ruangan tersebut adalah Anechoic. Ruang yang terletak di kantor pusat Microsoft tersebut diklaim merupakan ruang tersunyi sob. Bahkan katanya ruangan tersebut sangat sunyi, saking sunyinya, suara yang terukur saja hasilnya desibel negatif.

Faktanya, ruangan ini ngasih pengalaman sensori yang terlampau luar biasa bagi indera manusia, so banyak nih pengunjung-pengunjung yang cuman bertahan selama beberapa detik saja di ruangan tersebut.

Baca Juga : Aplikasi WhatsApp yang Baru

Nah, menurut juru bicara Microsoft sendiri, fungsi ruangan anechoic tersebut adalah untuk memastikan lingkungan terkontrol secara akustik. Hal ini diperlukan untuk membuat pengukuran sains dan teknis dari proses desain, pengembangan serta uji coba teknologi audio dari produk-produk Microsoft nih sob. Jadi jangan disalah fungsikan ya, ruangan itu bukan buat pengujian seberapa lama manusia bertahan dalam ruangan tersebut hehe . .

Hasil pengukuran tingkat suara di ruangan tersebut adalah -20.35 dBA, jauh dibawah batas pendengaran manusia yang berada di desibel 0.

Karena desibelnya yang minus ini, orang-orang yang mengunjungi ruangan tersebut seringkali denger suara fisiologis yang biasanya gak kedengeran sob, kaya suara kita saat gerakin kepala, atau bahkan suara aliran darah di telingan. Hemmm, kayanya nafas aja udah kaya kita teriak kali ya :v

So, itu dia info tentang ruangan tersunyi yang ada di Microsoft. Tertarik untuk kesana gak sob? Hihihihi . . .

Source : [Microsoft News Center], [WOWFAKTA]
Load comments