Cara Ganti Orientasi Halaman di Google Docs

Cara Ganti Orientasi Halaman di Google Docs

Penggunaan orientasi pada dokumen sangatlah masuk akal dan tentunya berguna sekali. Ketika kita membutuhkan ruang secara horizontal, kita bisa menggunakan mode landscape, sedangkan ketika kita membutuhkan ruang secara vertikal, kita bisa menggunakan mode portrait.

Google Docs

Mengubah Orientasi di Google Docs

Disini ane menggunakan Google Docs sebagai apps yang digunakan dalam office. Kenapa Google Docs? Alasan utamanya sih simple, yaitu Google Docs ini adalah aplikasi gretongan alias gratis. Maklum lah, ketebalan dompet sangat mempengaruhi ketika ane ingin beli Microsoft Office, lagian di Linux ga support (atau ane ga nemu caranya.. hemm)

Baca Juga : Android Apps untuk Test Hardware

Untuk mengubah orientasi halaman di Google Docs ini ada batasannya sob. Yaitu kita gak bisa ganti orientasi dari sebagian halaman. Jadi kalo mau ganti orientasi halaman, ya bakal keganti semuanya gitu, ga kaya Microsoft yang katanya bisa ganti orientasi per halaman. Jadi kalo kita ganti orientasi dari suatu halaman, halaman lain gak akan ganti. Well, namanya juga gretongan, syukur-syukur Google udah buatin aplikasi office ini, daripada enggak!

Langsung aja, untuk mengubah orientasi tentunya kita harus buka dulu Google Docs nya. Buka docs.google.com dan buat dokumen baru sob, dan oh iya jangan lupa login terlebih dahulu menggunakan akun Google sobat. Kalo belum punya ya bikin lah dulu. Setelah dokumen baru terbuat, klik File terus ke Page Setup (atau kalo yang versi bahasa Indonesia raya nya itu ‘Penataan Halaman’).

Menu File

Di page setup ini kita bakal liat opsi Orientation/Orientasi. Nah disini kita bisa milih mana orientasi yang bakal kita pakai, bisa Landscape ataupun Portrait (Lanskap atau Potret).

Page Setup

Buat kamu yang pengen jadiin si lanskap ini sebagai default atau bawaannya, kita bisa mengetuk tombol “Tetapkan Sebagai Default”. Jadi tiap kita buat dokumen baru, si orientasi halamannya bakalan sesuai pengaturan yang kita tetapkan.

Nah itu dia sob sedikit bahasan yang bisa kita share. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bahagia!
Load comments