Industri eSports Indonesia

Industri eSports Indonesia

Industri eSport mengalami perkembangan yang pesat, salah satunya adalah game yang populer di Indonesia yaitu Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Indonesia sendiri memiliki pengguna aktif per bulannya mencapai 50 juta orang per September 2018.


Berdasarkan keterangan tertulis dari Nimo TV, Indonesia menjadi kontributor pengguna aktif bulanan terbesar game MLBB ini dengan angka 29,4% dari total 170 juta pengguna aktif per bulan secara global. Jumlah tersebut sama dengan 49,98 juta pengguna yang aktif. Dengan banyaknya pengguna, game buatan Moonton ini jadi salah satu cabang game yang diperhitungkan di dunia eSports di Indonesia.

Tim sSports pun banyak yang khusus berdedikasi agar bisa bertanding dalam turnamen besar eSports, baik yang lokal maupun yang ke luar negeri. Indonesia sendiri punya beberapa tim yang salah satunya adalah Louvre eSports yang serius bangun skuad MLBB buat ikut turnamen-turnamen skala nasional maupun internasional.

Kapten tim Louvre, Yosua ‘Kido’ Priatama berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mempercepat dan memperluas perkembangan esports di Indonesia. “Intinya, platform live streaming khusus game sangat membantu orang umum melihat kalau eSports ini memang urusan serius dan dapat menjadi pekerjaan yang menghasilkan. Karena hadiah yang disediakan juga semakin besar”.

Informasinya, dalam waktu dekat akan diselenggarakan beberapa turnamen Mobile Legends, yaitu Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 3 yang menawarkan total hadiah hingga US$ 12 ribu coy, dan juga Piala Presiden yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.
Load comments