Cara Benerin Layar Windows yang Miring atau Kebalik

Cara Benerin Layar Windows yang Miring atau Kebalik

So, tampilan layar pada desktop/laptop Windows sobat tiba-tiba miring atau terbalik, dan sobat gak tahu harus bagaimana? Sebentar. Jangan panik sob. Sobat ga perlu memutar kepala, atau memutar layar buat membereskan masalah ini. Ini adalah situasi yang umum, dan bukanlah hal yang rumit. Untuk menyelesaikannya, kita hanya perlu menggunakan shortcut keyboard atau cukup dengan beberapa klik-an mouse kita.

Desktop Windows

Keyboard Shortcut

Dalam beberapa kasus, shortcut keyboard berikut mungkin bisa digunakan untuk memutar layarmu sob. Ketersediaan shortcut ini bergantung pada beberapa faktor nih sob, termasuk video card pada sistem komputer sobat dan juga software yang sobat pasang. Atau mungkin juga konfigurasi-konfigurasi tertentu yang perlu diaktifkan secara manual. Nah, kita rekomendasiin buat nyelesein masalah ini pake shortcut keyboard dulu, karena ya cukup cepat dan sangat berguna kalo-kalo nantinya sobat ngalamin masalah seperti ini lagi.

Kombinasi keyborad shortcut yang umum digunakan untuk memutar layar adalah CTRL + ALT + Panah Atas, CTRL + ALT + Panah Bawah, CTRL + ALT + Panah Kiri, CTRL + ALT + Panah Kanan. Kalo sobat menekan shortcut-shortcut tersebut secara terus-menerus dan tidak ada pengaruh apapun, sobat bisa coba langkah berikut untuk mastiin shortcut aktif dengan graphic card sobat atau sobat juga bisa melakukan metode yang selanjutnya untuk penyelesaiannya.

Kita pastiin dulu apakah hotkey/shortcut nyala atau kagak dengan mengklik kanan pada ruang kosong pada dekstop sobat. Sebuah menu yang berisi beberapa  pilihan bakal muncul. Tergantung pada pengaturan sobat, sobat bakalan melihat opsi yang berlabel Graphic Settings atau sesuatu yang mirip/sejenis lah. Disitulah kita bisa mengatur aktifasi hotkey/shortcut kita. Perlu dicatat bahwa pilihan ini hanya tersedia pada hardware tertentu.

Baca Juga : Perbarui Windows-mu Sekarang Sob!


Display Orientation Settings

Kalo dengan make keyboard ga nyelesein masalah sobat, mungkin sobat bisa gunakan cara ini : Mengubah Orientasi Layar Melalui Windows Setting Interface.

Windows 10

  • Klik kanan pada ruang kosong dimana saja pada desktop.
  • Ketika menu muncul, pilih Display Settings.
  • Pengaturan display kita harusnya udah muncul pada jendela baru. Kalo sobat ga bisa mengklik kanan pada mouse sobat untuk beberapa alasan, sobat bisa coba dengan mencarinya lewat Cortana atau kotak pencarian yang biasanya dengan keyword : display settings.
  • Pilih Landscape dari drop down menu yang berlabel Orientation.
  • Klik tombol Apply. Harusnya sihh langsung berubah tuh orientasi layarnya.
  • Sebuah kotak dialog biru atau putih bakal muncul, yang nanyain apakah sobat suka sama orientasi layar sobat yang baru atau pengen balik lagi ke orientasi yang sebelumnya. Kalo sobat suka sama orientasinya ya tinggal klik tombol Keep changes. Kalo gak ya diemin aja sekitar 15 detik atau klik tombol Revert.

Windows 8

  • Klik tombol Windows yang ada di pojok kiri sob.
  • Ketika menu muncul, pilih Control Panel.
  • Setelah tampilan Control Panel muncul, klik Adjust screen resolution yang berlokasi di Appearance and Personalization.
  • Harusnya, jendela Change the appearance of your display sudah muncul. Klik pada menu dropdown Orientation dan pilih Landscape.
  • Selanjutnya klik Apply untuk langsung mengimplementasikan perubahan ini.
  • Sebuah kotak dialog harusnya muncul yang memiliki dua tombol, yang nanyain apakah mau tetep sama orientasi yang baru atau mau yang lama aja. Pilih Keep changes untuk setuju dan Revert untuk kembali ke asal, atau tunggu sekitar 15 detik-an.

Windows 7

  • Klik tombol Windows di sisi kiri layar.
  • Setelah menu muncul, pilih Control Panel.
  • Setelah tampilan Control Panel muncul, klik Adjust screen resolution yang berlokasi di sisi kanan jendela dibawah judul Appearance and Personalization.
  • Jendela baru bakal muncul dengan judul : Change the appearance of your display. Pilih Landscape dari menu drop down Orientation.
  • Klik Apply buat nerapin perubahan, seharusnya orientasi layar sih udah berubah.
  • Sebuah dialog Display Settings harusnya muncul sih. Kalo sobat pengen nerapin orientasi yang baru ini, pilih Keep changes. Kalo engga ya tinggal pilih Revert atau tunggu sekitar 15 detikan.

Oke sob itu dia cara buat ngubah orientasi layar di desktop atau laptop. Semoga bermanfaat ya, kalo sobat punya pendapat/saran, boleh ditulis di komentar ya!
Load comments