Perbarui Windows-mu Sekarang Sob!

Perbarui Windows-mu Sekarang Sob!

Kerentanan CVE-2017-8543 mempengaruhi hampir semua komputer yang menjalankan Windows. Semua versi Windows udah terpengaruhi, termasuk versi yang udah ga nerima support dari Microsoft lagi.

Update Windows-mu Segera Sob!

Microsoft baru aja meluncurkan pembaruan keamanan bulan Juni beberapa jam yang lalu. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa mereka menyadari serangan terakhir yang mencoba untuk mengeksploitasi beberapa kerentanan yang diketahui.

Update Windows

Kerentanan CVE-2017-8543 mempengaruhi hampir semua komputer yang menjalankan Windows. Semua versi Windows udah terpengaruhi, termasuk versi yang udah ga nerima support dari Microsoft lagi.

Kerentanannya yaitu kesalahan Remote Code Execution atau eksekusi jarak jauh pada layanan Windows Search. Peretas bisa mengeksploit kerentanan ini untuk mendapatkan kontrol penuh dari sistem yang terinfeksi. Setelah mengambil kontrol penuh, peretas bisa menginstal program, melihat, mengubah atau bahkan menghapus data.

Pembaruan tersebut sedang dirilis untuk hampir semua versi Windows mulai dari Windows XP sampai Windows 10, meskipun versi yang paling lama udah ga dapetin support lagi.

Well, Microsoft memiliki beberapa petunjuk yang mengarah kepada kemungkinan penyerangan dilancarkan oleh organisasi pemerintah, sehingga untuk melindungi pengguna melawan penyerangan tersebut, Microsoft mempertimbangkan untuk merintis versi Windows yang gak di support lagi kaya Windows XP, Vista dan Server 2003.

Baca Juga : Cara Benerin Layar Windows yang Miring

Microsoft mengatakan "Untuk mengeksploitasi kerentanan, penyerang akan mengirim pesan SMB khusus yang dibuat untuk layanan Windows Search. Seorang penyerang dengan akses ke komputer targaet akan mengexploit kerentanan ini untuk meninggikan hak akses dan mengambil alih kendali komputer. Selain itu, pada skenario perusahaan, seorang penyerang yang tidak terautentikasi, secara remote bisa memicu kerentanan melalui koneksi SMB, lalu mengendalikan komputer target".

So, kalo sobat merupakan pengguna Windows, sobat perl menginstal pembaruan ini sesegera mungkin, mengingat serangan itu sudah bermunculan. Kalo sobat masih menggunakan versi Windows lama kaya XP atau Vista, sobat perlu meng-upgrade versi Windows karena jumlah serangan yang menargetkan versi lama sedang meningkat.

Jadi, apa pendapat kamu sob tentang kerentanan Windows ini? Tulis di kolom komentar ya!
Load comments