Menkominfo : Amankan Data Sekarang dari Ransomware Petya!

Menkominfo : Amankan Data Sekarang dari Ransomware Petya!

Well, emang kayanya dunia Internet lagi ga aman. Misalnya saja kemaren, ketika kasus WannaCry mewabah, banyak korban-korban yang bergeletakan, hhihi. Enggak sob. Maksudnya ya ada juga yang sampe bayar bitcoin ke sang creator. Setau ane sih gitu dari berita. Sekarang, pasca WannaCry, ada malware, ehmm ransomware baru yang "katanya 'Lebih Berbahaya'", namanya Petya Ransomware.

Backup Data sebagai Antisipasi Serangan Ransomware

Mekominfo Pun Turun Tangan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dengan tegas nyeruin buat netizen cepet-cepet mem-backup data-data penting sebagai antisipasi dari serangan ransomware gila tersebut.

Sebenernya apa sih Petya itu? Berdasarkan penuturan para ahli keamanan cyber, si Petya ini katanya lebih berbahaya daripada WannaCry. Kenapa to? Kalo WannaCry cuman ngenkripsi file-file kita aja dan kita pun masih bisa nyalain komputer dan masuk ke desktop, beda lagi sama si Petya. Si Petya ini sampe-sampe lumpuhin sistem komputer, jadi otomatis komputer kaga bisa nyala.

Untuk mengantisipasinya, Menkominfo bagiin langkah-langkah yang ga terlalu beda sih sama penanganan WannaCry.

Tips 1 : Antisipasi Serangan Ransomware
Sumber : Menkominfo via Detik

Pertama. Pengelola TI, Staff IT atau mungkin anak IT (Ciee elahh . . ) matiin atau cabut kabel LAN sementara sampai semua aman secara pasti.

Tips 2 : Antisipasi Serangan Ransomware
Sumber : Menkominfo via Detik

Kedua. Backup data ke penyimpanan yang terpisah, karena ya si Petya ini berbahaya banget, kalo misal udah nginfeksi satu komputer dalam jaringan, katanya ia bisa ngambil password Admin, sehingga ya gitu deh, semua komputer yang jaringan sama bakal lumpuh semua.

Baca Juga : Cukup 3 Jam bagi Windows 10 S Untuk Jadi OS yang Rentan

Itu aja sih tips penting dalam mengantisipasi serangan ransomware. So, tetap berhati-hati ya sob, sekarang ini dunia semakin ga aman ahihihihi . . Dunia cyber aja udah ga aman, aduh kemana lagi pelampiasanmu mblo . .!
Load comments