Serangan Phising yang Menargetkan Pengguna Facebook

Serangan Phising yang Menargetkan Pengguna Facebook

Kalo sobat merupakan pengguna jejaring sosial, sebaiknya berhati-hatilah. Karena sebuah serangan phising baru yang ditujukan buat para pengguna Facebook ditemukan. Serangan ini dilancarkan untuk mencuri informasi penting terkait para penggunanya.


Serangan Phisingnya Bisa dengan Mudah Nyuri Password Facebook

Perusahaan keamanan PhishLabs udah berusaha untuk memberikan peringatan. Berdasarkan laporannya, pelaku menggunakan URL palsu yang ditargetkan pada pengguna yang mengakses jejaring sosial melalui perangkat mobile mereka. Pelaku memanfaatkan kecilnya address bar pada browser perangkat mobile, sehingga mereka bisa membuat alamat palsu yang seperti mirip sama yang aslinya, bukan mirip alamat palsunya Ayu Ting-Ting.

Peneliti menunjukan sebuah contoh dari teknik phising tersebut seperti berikut :
hxxp: //m.facebook.com—————-validate—-step1.rickytaylk [dot] com / sign_in.html

Laman Login Facebook Palsu
Sumber : TechViral

Seperti yang sobat bisa lihat, alamat yang digunakan hampir mirip jika kita gak perhatikan baik-baik, karena ekor URL gak keliatan di perangkat mobile. Namun, ini benar-benar bukanlah alamat facebook. Ini adalah laman palsu yang secara sempurna meniru design jejaring sosial tersebut.

Dengan cara tersebut, korban yang mengakses link dan mengisi username dan password mereka pada field yang disediakan, informasi penting kita di Facebook akan tersimpan pada server pelaku yang mungkin saja, digunakan untuk tujuan jahat.

Baca Juga : Malware yang Nginfeksi Komputer Tanpa Diklik

Untuk mencegah sobat jadi korban selanjutnya (ihh amit-amit ya sob) dari teknik phising ini, selalu cek keseluruhan alamat dari link yang sobat terima, khususnya pada perangkat mobile sobat. Kalo sobat ragu kelegalan link tersebut, sebaiknya sobat akses dari aplikasinya (misalnya Facebook pake Facebook App) atau ketik URL yang bener secara manual.

Selalu berhati-hati dalam mengakses Internet. Tetap cerdas dalam berjejaring sosial ria. Kejahatan bisa datang darimana aja kan sob? Kalo sobat punya pendapat tentang ini, sobat bisa komentar di bawah ya!
Load comments