Apa itu Firewall?

Apa itu Firewall?

Kebanyakan dari kita mungkin pernah mendengar kata firewall pada beberapa point. Ada banyak miskonsepsi tentang firewall yang akan kita coba benarkan sekarang. Jika sobat menggunakan sistem operasi yang modern dan populer, tentunya firewall pada OS sobat sudah aktif dan siap digunakan.

Apa itu Firewall?

Pertama-tama, pada firewall, tidak ada api atau benteng nyata yang terlibat. Firewall pada dasarnya adalah sebuah tameng yang dimaksudkan untuk melindungi komputer atau smartphone kita dari berbagai malware yang ada di Internet.

Firewall

Setiap kali kita browsing, serangkaian request dikirim oleh browser kita ke web server dalam bentuk paket data. Peran firewall adalah untuk tetap menutup mata pada paket-paket tersebut dan menentukan apakah mereka aman atau tidak.

Firewall menenetukan aman atau tidaknya sebuah paket data dengan mengikuti aturan-aturan yang telah disiapkan. Bergantung pada aturan-aturan ini, paket data bisa jadi ditolak atau diterima. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kita harus memiliki firewall yang aktif :

Untuk Melindungi Komputer

Beberapa malware pada Internet dbuat oleh orang yang tidak diketahui di belahan dunia untuk memiliki kendali atas komputer kita. Ini adalah salah satu situasi terburuk yang mungkin pernah sobat hadapi dan si firewall bakal menghentikan hal-hal yang seperti itu terjadi.

Untuk Bermain Game Online secara Aman

Bermain game online adalah hal yang umum dewasa ini dan setiap orang tentunya menyukainya untuk menghabiskan waktu santai. Tapi ada berbagai malware yang menargetkan game online pada server game yang berbahaya atau tidak aman.

Kita Bisa Block Konten yang Tidak Diinginkan

Sejauh ini, kita udah omongin tentang kemampuan firewall untuk memblock berbagai konten berbahaya. Tapi firewall bisa melakukannya lebih. Selain melindungi kita dari ransomware, firewall juga memungkinkan kita untuk memblock berbagai lokasi/IP Address online sesuai yang kita inginkan.

Baca Juga : Malware yang Nginfeksi Komputer Tanpa Diklik

Meskipun firewall bisa melakukan banyak, tentunya masih ga efektif kalo lihat perkembangan keamanan dunia Internet dewasa ini. Jadi, bisa kita katakan firewall itu aman jika emang si firewall adalah pilihan terakhir. Kita harus gunakan antivirus secara bersamaan dengan firewall untuk mendapatkan keamanan lebih.

So, itu dia tentang firewall ini. Jadi apakah sobat punya pendapat tentang ini? Tulis di kolom komentar ya!
Load comments