Tethering Wi-Fi dari Android

Tethering Wi-Fi dari Android

Bagi para pengguna Android, apalagi anak kost-an (mungkin), tethering adalah hal yang mutlak diperlukan. Bagaimana enggak, tethering adalah sebuah alternatif dalam menghemat kuota internet. Tethering ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang punya kuota lebih dan ingin (atau dipaksa) untuk membagikan kuota tersebut.

Android

Tethering sendiri adalah sebuah cara untuk berbagi koneksi internet dari suatu perangkat ke perangkat lain. Tethering ini juga bisa dibilang hotspot, yaitu suatu cara untuk berbagi koneksi antar perangkat, dengan tanpa kabel. Perangkat yang ingin mendapatkan koneksi, harus sudah memiliki fitur Wi-Fi, agar bisa nerima koneksi dari si pengirim.

Nah, kali ini KursiGoyang pengen bagiin cara untuk bisa tethering dari smartphone android ke laptop dengan menggunakan kabel USB, tanpa aplikasi tambahan.

Cara Tethering Koneksi Wi-Fi dari Android ke Laptop

Well, pas ane tanya ke temen, "Lu tau cara tethering Wi-Fi? Hotspot-in Wi-Fi elu?" jawabannya, "Emang bisa?". Kebanyakan pada gak tahu kalo Android punya fitur, dimana ketika kita menggunakan Wi-Fi, kita juga bisa tethering via kabel USB. So, kita bisa mengkoneksikan Android dan komputer ke Internet, secara bersamaan.

Kita ambil contoh, kasus WiFi ID. Untuk bisa login ke WiFi ID, kita perlu menggunakan voucher nih (misalnya). Nah, satu voucher itu berlaku cuman buat satu perangkat aja. Otomatis kalo kita login di laptop, kita gak bisa login di smartphone kita, begitupun sebaliknya. Nah, untuk mengakalinya, kita bisa gunakan fitur yang ada pada Android ini.

Note : Cara ini juga cocok bagi kamu nih sob, yang Network Adaptor-nya error mulu, alias gak bisa konek ke Wi-Fi. Asal Port USB sobat-nya jalan, dan ada perangkat Android, cara ini bisa digunakan.

Langkah Pertama. Hubungkan Android ke Wi-Fi. Disini, ane pake Wi-Fi dari Wi-Fi ID.

Connect ke Wi-Fi

Langkah Kedua. Sambungkan laptop dan Android dengan menggunakan kabel USB. Disarankan sih pake kabel yang masih bagus, jaga-jaga dari DC (Disconnect), karena kalo USB kecabut ya laptop bakal langsung DC.

Langkah Ketiga. Pada Android, masuk ke Pengaturan > Pengaturan Lainnya (More) > Tethering & Portable Hotspot > USB Tethering. Untuk langkah ketiga ini kayanya beda-beda tiap smartphone, itu mah atur-atur sob, intinya cari USB Tethering di smartphone sobat.

Aktifkan USB Tethering

Langkah Keempat. Seduh kopi. Tunggu sampai laptop terhubung ke Internet. Sambil nunggu, bisa seduh kopi, atau teh atau apa aja deh, terserah sobat, gimana enaknya.

Ciri terhubung atau tidaknya, bisa di lihat di bawah, kalo ada icon monitor yang kaya gini, ya berarti udah terhubung dan bisa akses internet.

Baca Juga : Cara Liat Hidden File dan Protected Hidden File di Windows

Nah, itu dia cara tethering Wi-Fi dari android ke laptop tanpa aplikasi pihak ketiga sob. Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa share kalo sobat rasa emang ini bermanfaat. Lalu, buat sobat punya pendapat tentang artikel ini, sobat bisa tulis di kolom komentar ya!
Load comments