15 Command Windows yang Penting

15 Command Windows yang Penting

Ada berbagai cara untuk mengefisiensikan pengaksesan file, folder dan program pada OS Windows. Kita bisa membuat shrtcut, pin program ke taskbar, shortcut pada start menu dan lain-lain, tapi dalam beberapa kasus, kita ga bisa melakukannya pada program/aplikasi tertentu. Namun, kotak Run Windows adalah salah satu dari cara paling effisien untuk mengakses program, folder dan pengaturan pada sistem Windows.

Important Command Windows

Pada artikel ini, kita bakalan bahas tentang 15 command yang mungkin agak lebih penting dari command lainnya. Command-command ini seenggaknya bikin ane lebih mudah buat memanage atau mengelola banyak tugas

Baca Juga : Cara Benerin Layar Windows yang Miring/Kebalik

Gimana cara Buka Kotak Run Windows 

Kita bisa membukanya dengan menekan tombol Windows + R (Cara Tercepat).

Command-Command Run Penting yang Perlu Diketahui Para Pengguna Windows

1. %temp%

Ini adalah cara paling cepat untuk membersihkan file-file sementara dari komputer kita. Ya intinya sih biar space penyimpanan kita lebih lega sob.

2. cmd

Command ini akan membuka command prompt DOS nya Windows. Windows command prompt sangatlah berguna untuk melakukan berbagai tugas yang gak mungkin dilakukan dengan menggunakan antarmuka grafis.

3. Msconfig

System Configuration

Command ini bakal buka jendela System Configuration dimana kita bisa atur berbagai hal yang berbeda kaya pilihan boot, startup, layanan dan lain-lain.

4. sysdm.cpl

Syste Properties

Command ini juga buka jendela baru, tapi jendela System Properties, dimana kita bisa ubah proteksi sistem dan performanya, eits bagi para programmer juga setting path java bisa dilakukan disini loh.

5. Powershell

Powershell ini sangatlah mirip sama commandprompt. Cukup ketikan command ini pada kotak Run dan kita bakal liat PowerShell Windows terbuka tanpa hak admin.

6. perfmon.msc

Command ini digunakan untuk memantau performa komputer kita sob. Ada banyak pilihan yang bisa kita ambil untuk pemantauan performa sistem kita.

7. regedit

Regedit ini digunakan untuk membuka registry Windows. Ini adalah database hierarki yang menghost semua konfigurasi dan pengaturan OS Windows kita.

8. \

Well, command ini cuman satu karakter aja yaitu, garis miring tapi bukan yang ini ya (/). Command ini juga merupakan salah satu command terpendek yang ada. Cukup ketikkan \ pada kotak Run, dan ia bakalan buka drive C:. Ini juga adalah salah satu cara cepat buat mengakses drive C: kita.

9. .

Salah satu command terpendek juga yaitu titik sob. Command ini digunakan untuk membuka folder home-nya Users yang menghost semua folder lokal macam Downloads, Documents, Desktop, Pictures dan lain-lain.

10. ..

Lain halnya dengan titik dua ini sob, ketika kita mengetikan titik dua pada kotak Run dan mengklik Enter, ia akan membuka langsung folder Users yang ada pada drive C:.

11. Control

Command ini akan membuka control paanel. Control Panel digunakan untuk mengelola semua pengaturan sistem dan program/aplikasi.

12. hdwwiz.cpl

Device Manager

Command ini digunakan buat buka Device Manager pada Windows. Kita bisa mengelola perangkat yang terhubung ke komputer, baik itu secara Internal maupun Eksternal.

13. Notepad

Cara paling cepat untuk membuka Notepad pada Windows adalah dengan mengetikkan command ini pada kotak Run dan klik Enter.

14. osk

Nah, selanjutnya ada command yang bakal buka On-Screen Keyboard pada monitor kita. Kita bisa dengan mudah menyentuh dan mengetik, atau menggunkan mouse untuk mengetik.

15. taskmgr

Okeh, command terakhir ini digunakan untuk membuka task manager, dimana dengan task manager ini kita bisa mengelola semua proses dan program yang sedang berjalan pada OS Windows kita sob.

Nah itu dia 15 command yang bisa kita gunakan untuk mengakses program/folder sistem dengan lebih efisien. So, share jika dirasa bermanfaat ya!
Load comments