Enkripsi End-to-End WhatsApp

Enkripsi End-to-End WhatsApp

WhatsApp merupakan sebuah instant messaging dengan banyak fitur. Mulai dari berkirim gambar, suara, video juga memungkinkan panggilan suara via internet, bahkan udah support video call. Namun, tahukah sobat kalo WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end? Tahu gak apa sih enkripsi end-to-end itu?

WhatsApp

Enkripsi, Menuju Tak Terlihat

Enkripsi merupakan suatu teknik manipulasi data dengan kode yang bertujuan untuk melindungi data penting, juga mencegah akses yang gak diinginkan. So, kita gak perlu khawatir data-data pentingmu disadap pihak ketiga, misalnya pemerintah, atau bahkan di pihak internal WhatsApp sekalipun.

Kok bisa sih? Well, mungkin para pengguna WhatsApp harus berterima kasih kepada teroris kali ya? Pasalnya, WhatsApp sendiri menggunakan enkripsi ini sejak kasus Apple yang diminta FBI untuk ngebuka sistem privasi ponsel milik seorang teroris di San Bernardino, California. Dalam sengketa itu, Co-Founder WhatsApp, Jan Koum ngungkapin kalo ia ngedukung Apple buat mertahanin perlindungan data penggunanya. WhatsApp juga jadi target pengadilan Amerika buat ngebongkar privasi penggunanya.

Baca Juga : Sekarang WhatsApp Bisa Hapus Pesan Untuk Semua Orang

Enkripsi end-to-end pada WhatsApp ini gak hanya untuk ngamanin chatting antara dua orang saja nih, tapi berlaku juga buat voice call, voice note, group chat dana layanan WhatsApp lainnya. Keren gak tuh?

Nah itu dia sob sedikit informasi tentang enkripsi end-to-end-nya WhatsApp. Menurutmu gimana sob?
Load comments