☕️ Penamaan di Java

☕️ Penamaan di Java

Beberapa orang mungkin biasanya skip dengan yang Namanya penamaan. Ada yang penyebabnya ribet lah, males lah, bahkan ada juga yang cuman bilang “yang penting jalan”. Hey hey hey . . .


Buat ane sendiri sih, penamaan itu penting. Kenapa? Karena because, itu akan memudahkan kita (atau bisa juga untuk orang lain) dalam hal maintenance dan keterbacaan code kita sob. Bayangin deh, kalo misal kita liat code orang yang susah banget di baca, kita juga bakal kesusahan itu nerusin atau benerin code orang tersebut kan, bisa-bisa kita cuman wasting time gara-gara baca kodingan doang.

Di Java sendiri, biasanya kita pake CamelCase untuk penulisan method, variable, class, package dan konstanta. Apa sih Camel case itu?
  • Huruf awal dari suatu kata atau singkatan pake huruf kapital
  • Huruf paling awal pake huruf kecil, dan huruf awal dari kata atau singkatan selanjutnya pake huruf kapital

Kurang lebih seperti itulah si camel case ini. Biar lebih jelasnya tentang penamaan di Java ini langsung ae ya kita ke contoh:

  • Class dan Interface
    • Nama class itu harusnya sih kata benda, dengan huruf awal dari campuran kata itu kapital semua. Nama interface pun sama aturannya dengan class
    • Alangkah baiknya semuanya adalah “kata”, bukan singkatan

    interface LoveProgramming
    class LoveJava implements LoveProgramming
        
    interface SimpleInterface
    class SimpleClass implements SimpleInterface

  • Method
    • Nama method itu kalo bisa sih kata kerja, dengan huruf paling awalnya itu huruf kecil dan huruf pertama dari kata selanjutnya itu huruf besar

    void changeLanguage(String language) {...}
    void sumCount(int[] arrOfNum) {...}
    void getDateNow() {...}
    void calculateNumber(int firstNumber, int secondNumber) {...}

  • Variable
    • Gak boleh diawali dengan garis bawah (‘_’) atau dollar (‘$’)
    • Harus mnemonic, artinya mudah diingat. Soalnya kan si variable ini bakal banyak kita panggil setiap kali kita butuhkan
    • Hindari nama variable yang satu huruf, kecuali kalo emang variable nya itu temporary (sementara doang)

    int page;
    String postTitle;
    int postCount;
    
    // Temporary Variable pada looping Java
    for (int i = 0; i < 10; i++) {
      // Do something here
    }

  • Constant
    • Semuanya huruf kapital, perkatanya itu di pisah pake garis bawah

    static final int INITIAL_PAGE = 1;
    
    // Public Constants
    public static final String WELCOME_TO_MY_PROGRAM = "Selamat Datang di Program Saya";
    public static final String HELLO_WORLD = "Halo, Dunia!";

  • Package
    • Awalan dari suatu package itu selalu ditulis dalam huruf kecil ASCII dan harus salah satu dari top-level domain kaya com, edu, gov, mil, net, org
    • Komponen selanjutnya dari package, biasanya bervariasi berdasarkan penamaan organisasinya

    com.google.android
    net.kursigoyang.blog

Nah itu dia sob, tentang penamaan di bahasa Java. Ane biasanya juga nerapin ini di JavaScript sih cuman dengan beberapa custom, menyesuaikan dengan di platform apa sih ane ngoding. Yuk yang mau diskusi boleh kok drop di bawah ya!

Referensi:
  • https://www.geeksforgeeks.org/java-naming-conventions/
Credit:
☕️ Class pada Java

☕️ Class pada Java

Photo by The Climate Reality Project on Unsplash

Setelah kesana kemari dan tertawa, emang lumayan bingung juga sih bahas materi satu ini, dan lumayan menantang juga. Soalnya sih bisa di bilang ini udah masuk materi lanjutan untuk pembelajaran bahasa Java, bisa juga dibilang sebagai dasar dari materi selanjutnya yaitu Object Oriented Programming atau yang biasa disingkat OOP.

Class pada Java

Di Java, khususnya di konsep OOP ini, kita harus terbiasa bertemu dengan yang namanya class dan object. Keduanya bisa di katakan hampir sama sob, tapi berbeda. Labil banget si :(

Class ini berisi dari kumpulan perkara yang dibuat untuk tujuan tertentu. Misalnya kalo kita ingin buat dalgona coffee nih, atau buat kopi susu deh, kita harus membuat/menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Misalnya kita perlu class Coffee, terus class Milk, terus kalo mau terasa manis tambahin class Aren, dan sentuhan terakhir agar lebih creamy, kita tambahkan class Creamer. Voila, jadilah program KopiSusu. Paansi :(

Sedangkan object sendiri adalah apa sih gunanya bahan-bahan/class-class diatas. Misalnya, class Coffee ini merupakan class utama dari kopi susu. Mau disebut kopi gimana kalo gak ada kopinya? So, kita gak bisa bikin program KopiSusu tanpa class Coffee, sama halnya juga kalo program ini tanpa class Milk. Aku tanpamu, butiran debu. Terus ada juga class Aren, yang gunanya itu membuat si kopi menjadi manis, dan class Creamer yang akan membuat si KopiSusu ini lebih creamy dan menambah kegurihan si program. So jadilah ia program KopiSusu.

Baca Juga : this pada Pemrograman Java

Sederhana kan? Kita recap sedikit ya. Class merupakan kumpulan perkara yang dibuat untuk tujuan tertentu. Sedangkan object, merupakan kegunaan dari class-class yang dibuat tersebut. Susah ya? Semoga di permudah aja deh yaa. Yo, yang mau diskusi bisa drop di bawah ya!
✨ Constructor Kotlin

✨ Constructor Kotlin


Photo by Filip Kominik on Unsplash

Hallo sob. Masih seputar Kotlin ya, kali ini ane pengen bahas tentang Class di Kotlin. Layaknya Java, Kotlin juga punya class. Lalu perbedaannya apa sih?

Class di Kotlin di deklarasikan menggunakan keyword “class”. Sama aja sih ya kaya Java. Deklarasi class ini terdiri dari nama class-nya, header-nya (ada parameter-parameternya, constructor utama dan yang lainnya) dan body-nya yang biasanya tuh di bungkus sama kurung kurawal ({}).

class Example

Cosntructor

Sebuah class di Kotlin bisa memiliki satu constructor utama dan satu atau lebih constructor lainnya. Constructor utama merupakan bagian dari header class, setelah nama class sob. Kita bisa nambahin parameter-parameter juga di constructor utama ini.

Nah untuk inisialisasi variable dari constructor utama, Kotlin sendiri punya syntax yang ringkas, yaitu val dan var. val ini kita gunakan untuk property yang hanya bisa kita baca value-nya atau read-only. Sedangkan var, value-nya itu bisa kita ubah-ubah sob.

Kita juga bisa ngilangin si tulisan constructor kalo misal parameter-parameternya itu gak ada yang pake access modifier dan atau anotasi.

class Example(val type: String) {
  // Hello Example
}

Constructor utama tidak boleh berisi kode apapun. Untuk inisialisasi, kita bisa pake initializer block ya, yang pake keyword init itu loh sob.

class InitOrderDemo(name: String) {
  val firstProperty = "First property: $name".also(::println)
    
  init {
    println("First initializer block that prints ${name}")
  }
  
  val secondProperty = "Second property: ${name.length}".also(::println)
    
  init {
    println("Second initializer block that prints ${name.length}")
  }
}

fun main() {
  InitOrderDemo("hello")
}

Selain constructor utama, kita juga bisa membuat secondary constructor yang diawali dengan constructor.

import java.util.Arrays

class KotlinSecondaryConstructor {
  constructor(name: String) {
    println("This is Secondary Constructor, passed parameter is $name")
  }
}

fun main(args: Array) {
  KotlinSecondaryConstructor("Kursi Goyang")
}

Kalo di dalam class udah ada primary constructor-nya dan kita pengen nih buat secondary constructor, kita perlu mendelegasikan primary constructor-nya terlebih dahulu di secondary constructor. Delegasi ke constructor lain itu sangat sederhana sekali, cukup menggunakan keyword this.

import java.util.Arrays

class KotlinSecondaryConstructor(name: String) {
    
    init {
        println("This is Primary Constructor, passed parameter is $name")
    }
    
    constructor(name: String, age: Int): this(name) {
        println("This is Secondary Constructor, passed parameter is $name and $age")
    }
}

fun main(args: Array) {
    KotlinSecondaryConstructor("Kursi Goyang Doang")
    KotlinSecondaryConstructor("Kursi Goyang", 2)
}

Perlu di catet nih sob, kalo initializer itu bisa dibilang merupakan bagian dari constructor utama. Delegasi dari constructor utama itu terjadi barengan sama eksekusi secondary constructor sob. Jadi semua kode yang ada di initializer itu bakal di eksekusi sebelum delegasi/secondary constructor yg kita buat. Bahkan kalo kondisinya itu si class ga punya constructor utama, si initializer ini bakal dieksekusi sebelum secondary constructor.

Lalu, kalo class non-abstract gak punya constructor samsek, baik itu primary maupun secondary, ia bakal meng-generate primary constructor kosong, yang tanpa argument, dan visibility-nya itu bakal public sob. So, kalo sobat pengen buat visibility-nya gak public, ya tinggal kita tambahin constructor kosong sebagai constructor utamanya.

import java.util.Arrays

class PublicVisibility constructor() {
  init {
    println("Empty constructor")
  }
}

class PrivateVisibility private constructor() {
  init {
    println("Empty constructor private")
  }
}

fun main(args: Array) {
  PublicVisibility()
    
  // [Error] Cannot access '': it is private in 'PrivateVisibility'
  PrivateVisibility()
}

Note:
Sebuah hal yang menurut ane keren di Kotlin itu adalah default value. Kita bisa passing default value di parameter sob. Kita ambil case-nya itu parameter constructor. Kerennya kalo misal kita gak nge-passing value ke instance class-nya, si JVM bakal ngambil default value yang kita set sebelumnya.

import java.util.Arrays

class DefaultValue(val name: String = "Kursi Goyang") {
  init {
    println(name)
  }
}

fun main(args: Array) {
  DefaultValue()
}

Instansiasi Class

Kalo di java kita banyak nulis new, new dan new, di kotlin kita tinggal panggil constructornya aja sob, tanpa new, new dan new.

import java.util.Arrays

class DefaultValue() {
  fun print(text: String) {
    println(text)
  }
}

fun main(args: Array) {
  // Instansiasi class DefaultValue
  val dv = DefaultValue()
  dv.print("Coba dong")
}

Perlu di catat nih ya, Kotlin gak punya keyword yang namanya new, so buat instansiasi, ya tinggal panggil aja constructornya tanpa new.

Yo, segitu dulu aja ya kalo ada yg belum di pahami boleh kok simpen di komentar, kita diskusi bareng ya. Salam sigoy!
✨ Inheritance Kotlin

✨ Inheritance Kotlin


Photo by Philipp Berndt on Unsplash

Kali ini ane ingin share tentang Inheritance atau Pewarisan di Kotlin. Sama halnya dengan pewarisan yang ada pada Bahasa Java, Inheritance berarti mengakuisisi/memperoleh property-properti yang ada pada parent class ke child class.

Pada Bahasa Kotlin, base class-nya dinamai “Any”, yang merupakan super class dari class apapun yang di deklarasikan di Kotlin. Secara default, Kotlin memiliki superclass “Any”, yang merupakan superclass default untuk class yang tidak di deklarasikan dengan supertypes. Contohnya

class Example

Sebenarnya, class-class Kotlin itu final, alias gak bisa di inherit-in. Untuk bisa kita inherit-in itu, kita cukup tandain aja pake keyword open. Untuk mendeklarasikan supertype nya apa, kita cukup menggunakan titik dua di header class.

import java.util.Arrays

open class Parent() {
  fun printParent() {
    print("This is from Parent")
  }
}

class Child() : Parent() {
    
}

fun main(args: Array) {
  val a = Child()
  a.printParent()
}

Nah, sekarang bagaimana sih cara untuk meng-override method printParent di child? Sederhana sih sob, berikut contohnya:

import java.util.Arrays

open class Parent() {
  open fun printParent() {
    print("This is from Parent")
  }
}

class Child() : Parent() {
  override fun printParent() {
    print("This is from Child")
  }
}

fun main(args: Array) {
  val a = Child()
  a.printParent()
}
Virus Corona dan Peran Teknologi dalam Menghadapinya

Virus Corona dan Peran Teknologi dalam Menghadapinya

Belakangan ini marak sekali berita-berita yang simpang siur mengenai virus corona. Hal ini membuat beberapa orang risau terkait mana informasi yang benar tentang virus corona.

Covid19 - Situs Resmi dari Pemerintah

Untungnya, pemerintah akhirnya membuat sebuah situs yang bertujuan untuk mengedukasi serta mencegah kesimpang siuran informasi. Bagi sobat yang memerlukan informasi yang valid mengenai virus corona, bisa memeriksa situs https://www.covid19.go.id/ yang baru launching beberapa waktu lalu. Ini bisa jadi solusi untuk menjawab kegelisahan tentang ketidak jelasan informasi yang beredar di berbagai media.


KawalCOVID19.id

Selain situs resmi dari pemerintah, ada juga situs KawalCOVID19.id yang merupakan situs buatan relawan-relawan yang sebelumnya berada di tim Kawal Pemilu. Situs ini juga bisa kita gunakan sebagai referensi sekaligus jawaban dari kegelisahan kita tentang virus corona. Khusus bagi pengguna Android, sobat bisa mengunduh apps-nya juga melalui situs tersebut. Informasi seputar virus ini juga tentang bagaimana mewaspadai virus pun juga bisa kita baca di artikel-artikel yang dimuat di apps dan website-nya.


Untuk menghadapi pandemi, saat ini kita bisa membantu program pemerintah, yang mengharuskan kita mengisolasi diri kita sendiri, dengan tidak bepergian kecuali hanya kepentingan mendesak saja. Yuk kita cegah penyebaran virus ini dan juga menjadi netizen yang cerdas dan sehat.





Semoga negara tercinta kita ini bisa dijauhkan dari segala macam penyakit, dan menjadi bangsa yang maju, adil serta makmur selalu.
☕️ public static void main(String args[])

☕️ public static void main(String args[])

public static void main

JVM bakalan selalu liat method signature tertentu untuk mulai menjalankan sebuah aplikasi dan method tersebut harusnya public static void main(String args[]). args disini merupakan sebuah argument dari tipe String array. Argument String array bisa kita tulis String[] args juga. Meskipun tipe argument String array ini bersifat tetap, kita masih bisa ganti nama args ini dengan kata/nama apapun.

class KursiGoyang {
  public static void main(String args[]) {
    System.out.println("Halo, Dunia!");
  }
}

Pada contoh diatas, kita pake public static void main. Tiap katanya itu punya beberapa arti dan tujuan sob.

Public

Si public ini merupakan access modifier, yang nentuin siapa/apa aja sih yang bisa ngakses method yang pake access modifier ini. Public berarti method bakalan bisa diakses sama class apapun dengan catatan, class-class lain bisa akses class-nya.

Static

Static ini merupakan sebuah keyword yang mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan dengan class. Sederhananya sih, kita bisa manggil sesuatu yang static tanpa harus menginstansiasi class-nya.

Void

Void ini kita pake untuk menetapkan tipe return dari sebuah method. Nah, kalo kita pake si void ini, method gak akan me-return (mengembalikan) nilai apapun.

main

main ini nama method sob. Sesuai dengan penulisan method dalam bahasa Java. Gak boleh diganti nih si main ini, soalnya method main ini di cari sama JVM sebagai starting point untuk sebuah aplikasi.

String args[] / String... args

Terakhir ada si args. Sebuah parameter yang bertipe String array. Kita bisa ganti kata args dengan kata apapun, selama tipenya gak diganti ya sob.

Baca Juga : this pada Pemrograman Java

Nah itulah dia main method yang sering kita temui. Udah tahu kan kenapa sih si main ini sering muncul. Semoga bermanfaat ya!
Hacker 21 Tahun Asal Yogyakarta yang Bobol Uang Perusahaan Amerika Serikat

Hacker 21 Tahun Asal Yogyakarta yang Bobol Uang Perusahaan Amerika Serikat

Hacker Yogyakarta

Seorang hacker berinisial BBA terpaksa harus berurusan dengan polisi setelah selama lima tahun melakukan pembobolan situs di luar negeri, khsusnya Amerika Serikat. Dari aksinya itu, pemuda berusia 21 tahun tersebut meraup keuntungan mencapai miliaran rupiah.

Kasubdit II Dirtipsiber Bareskrim Polri, Kombes Pol Rickynaldo, mengatakan pelaku BBA ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber pada Jumat (18/10) di Sleman, Yogyakarta. Dalam melakukan aksinya, tersangka menggunakan modus penyebaran malware melalui email. Kepada polisi, tersangka telah melakukan pembobolan dengan modus tersebut sejak 2014 lalu.

Baca Juga : Porno dan Keamanan

“Tersangka telah menyebar link berisi malware ke 500 akun lebih di luar negeri,” kata Rickynaldo di kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (25/10).

Menurut Rickynaldo, salah satu korban pembobolan pelaku adalah perusahaan luar negeri di San Antonio, Amerika Serikat. Perusahaan tersebut merugi hingga mencapai puluhan miliar setelah pelaku meminta tebusan menggunakan bitcoin.

Berdasarkan tebusan yang dibayarkan menggunakan bit coin, BBA diketahui telah meraup keuntungan 300 bit coin. Kemudian bit coin tersebut telah ditukarkan tersangka dengan nilai Rp150 juta per satu bit coin. Dengan demikian, pelaku BBA telah meraup Rp45 miliar setelah menukarkan bitcoin tersebut. Uang tersebut digunakan BBA untuk membeli sejumlah barang mewah seperti motor Harley Davidson.

Dari penangkapan pelaku BBA, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa satu unit Laptop Apple Macbook Pro 2018 tipe A1989, 1 unit telepon genggam merek Iphone XS warna hitam, 1 unit telepon genggam Iphone X warna hitam, sebuah KTP, sebuah kartu ATM Bank BNI, dan 1 unit CPU rakitan merek Asus.

Sumber : WowFakta
☕️ this pada Pemrograman Java

☕️ this pada Pemrograman Java

this adalah sebuah keyword dalam bahasa Java. Keyword ini digunakan di dalam method atau constructor pada sebuah class. this ini bekerja sebagai acuan dari object saat ini, yang object tersebut bisa berupa method atau constructor yang dipanggil. this ini juga bisa digunakan untuk memanggil objek di dalam suatu instance method atau constructor.

Keyword this bisa sangat berguna dalam menangani Variable Hiding. Kita itu gak bisa buat dua variabel lokal atau dua variabel instance dengan nama yang sama. Namun, sah-sah saja jika kita buat satu variabel instance dan satu local variable atau parameter method dengan nama yang sama. Variabel lokal akan menyembunyikan variabel instance, inilah yang kita sebut Variable Hiding.
class KursiGoyang {
 int iniVariabel = 5;

 public static void main(String args[]) {
  KursiGoyang obj = new KursiGoyang();
  obj.iniMethod(20);
  obj.iniMethod();
 }

 void iniMethod(int iniVariabel) {
  iniVariabel = 10;
  System.out.println("Nilai iniVariabel adalah : " + iniVariabel);
 }

 void iniMethod() {
  int iniVariabel = 40;
  System.out.println("Nilai iniVariabel adalah : " + iniVariabel);
 }
}
Outputnya adalah sebagai berikut :
Nilai iniVariabel adalah 10
Nilai iniVariabel adalah 40
Seperti yang bisa kita liat, variabel instance tersembunyi, dan nilai dari local variabel (atau parameter dari method) lah yang ditampilin, bukan variabel instance. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, digunakanlah keyword this diikuti dengan field/variabel untuk menampilkan hasil dari variabel instance.
class KursiGoyang {
 int iniVariabel = 5;

 public static void main(String args[]) {
  KursiGoyang obj = new KursiGoyang();
  obj.iniMethod(20);
  obj.iniMethod();
 }

 void iniMethod(int iniVariabel) {
  iniVariabel = 10;
  System.out.println("Nilai iniVariabel adalah : " + this.iniVariabel);
  System.out.println("Nilai iniVariabel adalah : " + iniVariabel);
 }

 void iniMethod() {
  int iniVariabel = 40;
  System.out.println("Nilai iniVariabel adalah : " + this.iniVariabel);
  System.out.println("Nilai iniVariabel adalah : " + iniVariabel);
 }
}
Outputnya adalah sebagai berikut :
Nilai iniVariabel adalah 5
Nilai iniVariabel adalah 10
Nilai iniVariabel adalah 5
Nilai iniVariabel adalah 40
This Keyword

Keyword this pada ConstructorKeyword this juga bisa kita gunakan di dalam sebuah contructor untuk memanggil constructor lain di class yang sama. Pemanggilan ini disebut Explicit Constructor Invocation. Hal ini terjadi jika sebuah class memiliki dua constructor, satu yang tanpa argument, dan satu lagi punya argument. Lalu, si this keyword bisa kita pake untuk manggil constructor yang punya argument dari constructor yang gak punya argument, soalnya constructor yang punya argument gak bisa kita panggil secara eksplisit.

Note:
  • this ini cuman bisa jadi statement pertama di constructor
  • Constructor bisa punya keyword this atau super, tapi gak bisa punya keduanya
class KursiGoyang {

 KursiGoyang() {
  this("KursiGoyang");
  System.out.println("Di dalam Constructor tanpa Parameter");
 }

 KursiGoyang(String str) {
  System.out.println("Di dalam Constructor pake Parameter : " + str);
 }

 public static void main(String args[]) {
  KursiGoyang obj = new KursiGoyang();
 }
}
Outputnya adalah sebagai berikut :
Di dalam Constructor pake Parameter KursiGoyang
Di dalam Constructor tanpa Parameter

Keyword this pada Method

Keyword this juga bisa kita pake didalam method untuk memanggil method lain dari class yang sama.
class KursiGoyang {

 public static void main(String args[]) {
  KursiGoyang obj = new KursiGoyang();
  obj.methodKedua();
 }

 void methodPertama() {
  System.out.println("Di dalam Method Pertama");
 }

 void methodKedua() {
  System.out.println("Di dalam Method Kedua");
  this.methodPertama();
 }
}
Outputnya adalah sebagai berikut :
Di dalam Method Kedua
Di dalam Method Pertama
Nah, itulah pembahasan tentang keyword this. Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa bahagia sob!

Artikel ini hasil terjemahan dari https://javabeginnerstutorial.com/core-java-tutorial/this-keyword-java/
PreferenceManager Android Deprecated?

PreferenceManager Android Deprecated?

Belakangan ini, selama proses build aplikasi Android, ane sering nemuin warning warna merah bertuliskan PreferenceManager.getDefaultSharedPreferences has deprecated. Setelah mencari kesana kemari ternyata nemu penyebab dan solusinya.

Key - Android SharedPreference

Menurut sumber yang ane dapet sih, di Android Q, method untuk inisialisasi SharedPreference tersebut udah deprecated alias usang. Solusinya adalah dengan migrasi ke AndroidX. Kenapa harus ke AndroidX? Karena, ada method baru yang bisa kita gunakan untuk inisialisasi SharedPreference di AndroidX. Sebenernya sih bukan bawaan AndroidX nya, tapi kita harus implement salah satu library dari Android nya sendiri :

Untuk yang pake Java
implementation "androidx.preference:preference:1.1.0"
Untuk yang pake Kotlin
implementation "androidx.preference:preference-ktx:1.1.0"
Nah itu dia sob, solusi yang mungkin bisa membantu ketika nemu warning terkait SharedPreference ini. Sebenernya agak ribet juga sih kalo emang harus migrate ke AndroidX, apalagi jika kita masih pake library yang belum support AndroidX atau yang udah gak di support sama si pemilik library-nya. Kalo kasusnya begitu ya mau gak mau ganti library atau bedah librarynya sendiri hehe . . Jangan lupa bahagia ya sob!

Referensi :
Satpam Virtual

Satpam Virtual

Seorang satpam virtual yang diproyeksikan di cermin diprediksi akan menjadi teknologi yang populer di masa depan. Teknologi tersebut berhasil diwujudkan berkat kerja sama empat perusahaan yaitu SECOM, AGC, DeNA dan NTT DOCOMO.

Satpam Virtual

SECOM merupakan perusahaan yang menginisiasi satpam virtual dan dikenal sebagai perusahaan penyedia jasa keamanan di Jepang. Sementara AGC berkontribusi mengembangkan teknologi desain optik sehingga membuat satpam virtual bisa terintegrasi dengan layar cermin.

DeNA menyediakan teknologi sintesis ucapan yang terdengar alami sehingga pengunjung akan mengira bahwa satpam virtual adalah manusia. NTT DOCOMO akan menyediakan konektivitas 5G sehingga nantinya satpam virtual bisa dikendalikan dari jarak jauh dan mampu merekam data yang ada.

Dalam press release, SECOM menjelaskan bahwa satpam virtual akan dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

Mereka akan datang dalam bentuk laki-laki dan perempuan dengan nama masing-masing yaitu "Mamoru" dan "Ai". Dikutip dari Futurism, dengan teknologi sensor pengindera gerak (motion sensing technologies), satpam virtual dapat memindai pengunjung.

Mereka dapat mencari barang mencurigakan atau mendeteksi tanda-tanda bahwa orang itu menyembunyikan sesuatu. Apa pun yang dilihat oleh satpam virtual dapat dimasukkan secara real-time ke layar yang dipantau oleh penjaga manusia.

Hal yang menarik adalah wajah dan tubuh mereka mirip sekali dengan karakter Anime yang sering kita tonton.

Satpam virtual juga dapat berfungsi sebagai resepsionis, menjawab pertanyaan pengunjung dan mengarahkan mereka sesuai kebutuhan.
Bahaya Mouse Wireless

Bahaya Mouse Wireless

Wireless mouse dikenal sangat membantu pengguna PC atau laptop yang enggan memakai perangkat berkabel. Namun, di balik itu ada bahaya yang dapat mengancam keamanan penggunanya.


Peneliti dari perusahaan keamanan Bastille baru-baru ini menemukan ancaman tersebut. Marc Newlin dan Balint Seeber menuturkan wireless mouse dari perusahaan HP, Lenovo, Amazon, dan Dell menggunakan sinyal tak terenkripsi untuk berhubungan dengan komputer. Celah inilah yang dapat dimanfaatkan hacker (peretas) untuk menyusup ke perangkat korban.

Menurut dia, serangan tadi secara tak langsung telah membuat penyerang seolah-olah berada langsung di perangkat korban.

Selain itu, untuk menjalankan aksinya, si penyerang tak memerlukan perangkat canggih.

Hacker hanya perlu menggunakan antena, cip nirkabel yang disebut dongle, serta deretan kode untuk menipu cip nirkabel yang terhubung dengan perangkat korban.
.
"Jadi, penyerang dapat mengirim data ke dongle dan berpura-pura menjadi mouse. Namun sebenarnya serangan itu berwujud keyboard dan meminta korban untuk menulis sesuatu," kata Newlin menambahkan.

Nantinya, setelah korban menulis kira-kira seribu kata dalam satu menit, hacker dapat langsung mengakses perangkat korban.

CTO Bastille Chris Rouland memaparkan perusahaan teknologi sebaiknya mulai memikirkan kembali celah pada keamanan.
What's Wrong with Drone?

What's Wrong with Drone?

Drone and Plane

Penerbangan Natal di Bandara Internasional Gatwick, London, pada 2018 terganggu selama 36 jam. Sebanyak 140 ribu penumpang dari 1.000 penerbangan harus gagal mendarat dan terbang karena petugas keamanan menemukan pesawat tanpa awak (drone) yang tengah melintas di area penerbangan.

Walau ukurannya lebih kecil dibandingkan pesawat terbang, namun keberadaan drone di area bandara sangatlah terlarang. Pengintaian untuk aksi terorisme sampai kecelakaan pesawat bisa menjadi akibat yang paling fatal.
Selain menerbangkan drone di area bandara, pelaku yang ditangkap juga karena tak mengantungi izin menerbangkan drone. Ya, beberapa negara memang mulai menetapkan aturan tersebut.

Bagi yang sudah mengantongi izin menerbangkan drone biasanya tahu bahwa ada area yang tak boleh diterbangi, seperti bandara, bangunan tertutup, sampai keramaian publik.

Gatwick dan Heathrow dilaporkan membeli sistem pencegahan drone tak berizin seharga US$6 juta.

Sistem mahal tersebut setingkat militer, karena tidak hanya untuk mengusir drone biasa namun juga drone yang kemungkinan bersenjata.

Drone and Plane

Penyelidikan terhadap insiden Gatwick sedang berlangsung dan bulan lalu dilaporkan oleh Kepolisian Sussex Inggris bahwa itu mungkin merupakan pekerjaan orang dalam.

Dalam sebuah pernyataan disebutkan bahwa berdasarkan perilaku drone, mungkin pilot memiliki pengetahuan langsung tentang "lingkungan operasi bandara," atau akses ke informasi itu.

McQuillan memperingatkan bahwa kemungkinan ada kelompok lain yang mulai menggunakan drone untuk memperlancar kegiatannya.

Inggris telah memperkenalkan undang-undang baru pada bulan Maret, yakni memperpanjang larangan penggunaan drone di sekitar bandara dari jarak satu kilometer menjadi lima kilometer.
Puisi yang Dibikin oleh AI?

Puisi yang Dibikin oleh AI?

Seni dan budaya merupakan bagian penting dari sebuah perkembangan masyarakat di negara manapun. Bidang tersebut saat ini sedang dirambah oleh Google dalam peningkatan teknologinya.

Poemportraits

Dilansir dari laman Android Pit, Sabtu (4/5/2019) bahkan raksasa teknologi asal Amerika tersebut telah meluncurkan aplikasi untuk menyusun puisi menggunakan kecerdasan buatan yang dinamai Poemportraits.

Aplikasi ini dikembangkan oleh penulis kode Ross Goodwin dan artis Es Devlin. Ide itu terwujud tahun lalu, awalnya sebagai karya seni interaktif yang dipamerkan di London. Pada dasarnya, aplikasi ini menggabungkan kecerdasan buatan dengan puisi untuk memproyeksikan puisi yang ditulis di wajah pengguna.

Untuk menghasilkan puisi, aplikasi meminta pengguna untuk memasukkan kata, yang pada gilirannya akan menjadi inspirasi untuk teks yang ditulis oleh AI. Semua puisi yang ditulis akan menjadi bagian dari puisi kolektif. Untuk melakukan ini, AI belajar dengan menggunakan lebih dari 20 juta contoh dari puisi abad ke-19. Dalam praktiknya, kombinasi teks dan gambar menyerupai filter Instagram.
Gadis Kecil yang Jago Coding

Gadis Kecil yang Jago Coding


Samaira Mehta mungkin seperti anak-anak berusia 10 tahun pada umumnya. Lewat akun Instagram, kita bisa melihat kegiatannya sehari-hari seperti berjualan minuman limun, berenang, hingga menari.

Namun demikian, ada hal menarik dari Mehta. Gadis yang jago coding ini ternyata merupakan founder sekaligus penemu dari CoderBunnyz.

CoderBunnyz merupakan sebuah board game yang mengajarkan para pemainnya, yakni anak usia 4 tahun ke atas tentang konsep coding program.

Lewat gim ini, anak diminta untuk mengarahkan kelinci untuk makan wortel. Namun, untuk makan wortel mereka diajak berpikir, dalam hal ini membuat code yang bisa melancarkan jalan si kelinci sampai ke tujuan.

Dia menambahkan, dalam gim ini anak diajarkan konsep mendasar coding seperti pengurutan, persyaratan konsep loop, fungsi, stack, antrean, daftar, dan lain-lain.

Mehta mengatakan, dirinya mulai mengkonseptualisasi game board tersebut saat usia 7 tahun. Itu dilakukan ketika sang ayah yang merupakan engineer mengajarkannya cara untuk meng-coding.

Seiring dengan upayanya meng-coding, dia memperhatikan ada celah di pasar untuk produk yang membantu anak-anak belajar programming computer.

Dia mulai dengan membuat sketsa gim tersebut. Kemudian dengan bantuan keluarganya, Mehta terhubung dengan desainer grafis dan produsen gim di Tiongkok dan Selandia Baru. Setelah bertukar email, Mehta memilih produk yang menurutnya tepat.

Setelah membesut gim CoderBunnyz, Mehta juga membuat gim keduanya yang bernama CoderMindz. Gim ini merupakan board game yang mengajarkan anak tentang konsep kecerdasan buatan melalui bahasa pemrograman Java.

Dia menambahkan, jika anak-anak ingin belajar coding sekarang, nanti saat dewasa mereka bisa menjadikan coding (engineer) sebagai kesempatan untuk berkarier.

Sejauh ini, dia telah membukukan pendapatan USD 200 ribu (setara Rp 2,8 miliar) sejak April 2018 dan menjual 6.000 board game CoderBunyz. Mehta pun kembali menginvestasikan uangnya untuk gim, menabung untuk kuliah, dan mendonasikan sisanya.
Batasan Baru di WhatsApp

Batasan Baru di WhatsApp

Layaknya negara lain di seluruh dunia, Indonesia telah berupaya untuk memerangi penyebaran hoax dan berita palsu, apalagi moment-nya itu tepat dengan menjelang pemilihan umum (pemilu) yang akan diadakan beberapa bulan lagi. Kemarin, pejabat resmi WhatsApp di Jakarta ngumumin kalo aplikasi perpesanan instan populer ini akan memaksa batasan global yang baru pada jumlah pengguna bisa mem-forward (meneruskan) pesan dalam upaya memerangi penyebaran berita palsu.

“Berdasarkan pada penelitian dan diskusi dengan beberapa pemimpin dunia, kita telah menemukan bahwa 5 adalah angka ideal untuk mencegah penyebaran hoax,” tutur Victoria Grand, wakil presiden kebijakan dan komunikasi WhatsApp kemarin setelah pertemuannya dengan Menkominfo Rudiantara.


Kementrian menyatakan bahwa perubahan akan diadakan 22 Januari 2019 pada siang hari waktu Indonesia bagian barat.

Untuk sementara, batasan hanya akan diterapkan untuk para pengguna WhatsApp Android, sementara untuk para pengguna iOS batasan masih diimplementasikan. Sebelumnya, pengguna WhatsApp bisa mem-forward pesan ke 20 individu atau grup.

Victoria mengatakan bahwa WhatsApp itu sangat prihatin tentang penyebaran hoax, fitnal dan perkataan kebencian melalui aplikasi ini. Setelah berkonsultasi dengan banyak ahli, mereka mempertimbangkan bahwa batasan forward ini akan membantu meminimalisir cara berita tersebut menyebar. Victoria juga mengatakan bahwa batasan forward ini telah di uji secara beta di India sejak Juli lalu.

Menteri Rudiantara mengatakan, dia mengapresiasi upaya WhatsApp untuk mengurangi penyebaran hoax, tapi juga menekan batasan penerusan pesan yang membuat penyebaran berita palsu menjadi sulit.

Dengan 1.5 milyar pengguna, WhatsApp dan perusahaan induknya, Facebook, disalahkan atas penyebaran berita palsu di sejumlah negara. Para ahli pun khawatir tentang WhatsApp sejak penutupan sistem dan enkripsi user-nya yang membuat pemantauan berita hoax lebih sulit.

Well, kalo dari ane sih ya semoga dengan batasan ini, penyebaran berita hoax bisa diatasi, ya kalo gak bisa berkurang lah. Tinggal kitanya aja yang pinter nih memilih dan memilah, mana berita yang asli dan mana berita hoax. Keep smart and be a good netizen ya sob!

Sumber : coconuts.co
Porno dan Keamanan

Porno dan Keamanan

Kasus prostitusi online emang berhasil menarik perhatian publik tanah air. Bahkan banyak juga nih warganet yang penasaran dengan memburu konten foto maupun video porno sob. Mulai dari yang nge-share di grup WhatsApp, sampe yang secara terang-terangan nyari video di media sosial.


Atas respons tersebut, spesialis keamanan teknologi informasi Vaksincom, Alfons Tanujaya mengingatkan warganet untuk mengerem nafsu berburu foto dan video. Sebab momen seperti inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh cybercrime. Untuk itu, Alfons meminta para pemburu untuk waspada dengan tautan-tautan yang dikirim. Sebab, belum pasti kan tautan yang dikirim itu beneran.

Sampai saat ini, Alfons belum nemuin ada inseiden keamanan dari perburuan konten tersbeut. Namun demikian, jangan lantas warganet jadi lengah dengan konten video porno.
Industri eSports Indonesia

Industri eSports Indonesia

Industri eSport mengalami perkembangan yang pesat, salah satunya adalah game yang populer di Indonesia yaitu Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Indonesia sendiri memiliki pengguna aktif per bulannya mencapai 50 juta orang per September 2018.


Berdasarkan keterangan tertulis dari Nimo TV, Indonesia menjadi kontributor pengguna aktif bulanan terbesar game MLBB ini dengan angka 29,4% dari total 170 juta pengguna aktif per bulan secara global. Jumlah tersebut sama dengan 49,98 juta pengguna yang aktif. Dengan banyaknya pengguna, game buatan Moonton ini jadi salah satu cabang game yang diperhitungkan di dunia eSports di Indonesia.

Tim sSports pun banyak yang khusus berdedikasi agar bisa bertanding dalam turnamen besar eSports, baik yang lokal maupun yang ke luar negeri. Indonesia sendiri punya beberapa tim yang salah satunya adalah Louvre eSports yang serius bangun skuad MLBB buat ikut turnamen-turnamen skala nasional maupun internasional.

Kapten tim Louvre, Yosua ‘Kido’ Priatama berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mempercepat dan memperluas perkembangan esports di Indonesia. “Intinya, platform live streaming khusus game sangat membantu orang umum melihat kalau eSports ini memang urusan serius dan dapat menjadi pekerjaan yang menghasilkan. Karena hadiah yang disediakan juga semakin besar”.

Informasinya, dalam waktu dekat akan diselenggarakan beberapa turnamen Mobile Legends, yaitu Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 3 yang menawarkan total hadiah hingga US$ 12 ribu coy, dan juga Piala Presiden yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.
Cara Ganti Orientasi Halaman di Google Docs

Cara Ganti Orientasi Halaman di Google Docs

Penggunaan orientasi pada dokumen sangatlah masuk akal dan tentunya berguna sekali. Ketika kita membutuhkan ruang secara horizontal, kita bisa menggunakan mode landscape, sedangkan ketika kita membutuhkan ruang secara vertikal, kita bisa menggunakan mode portrait.

Google Docs

Mengubah Orientasi di Google Docs

Disini ane menggunakan Google Docs sebagai apps yang digunakan dalam office. Kenapa Google Docs? Alasan utamanya sih simple, yaitu Google Docs ini adalah aplikasi gretongan alias gratis. Maklum lah, ketebalan dompet sangat mempengaruhi ketika ane ingin beli Microsoft Office, lagian di Linux ga support (atau ane ga nemu caranya.. hemm)

Baca Juga : Android Apps untuk Test Hardware

Untuk mengubah orientasi halaman di Google Docs ini ada batasannya sob. Yaitu kita gak bisa ganti orientasi dari sebagian halaman. Jadi kalo mau ganti orientasi halaman, ya bakal keganti semuanya gitu, ga kaya Microsoft yang katanya bisa ganti orientasi per halaman. Jadi kalo kita ganti orientasi dari suatu halaman, halaman lain gak akan ganti. Well, namanya juga gretongan, syukur-syukur Google udah buatin aplikasi office ini, daripada enggak!

Langsung aja, untuk mengubah orientasi tentunya kita harus buka dulu Google Docs nya. Buka docs.google.com dan buat dokumen baru sob, dan oh iya jangan lupa login terlebih dahulu menggunakan akun Google sobat. Kalo belum punya ya bikin lah dulu. Setelah dokumen baru terbuat, klik File terus ke Page Setup (atau kalo yang versi bahasa Indonesia raya nya itu ‘Penataan Halaman’).

Menu File

Di page setup ini kita bakal liat opsi Orientation/Orientasi. Nah disini kita bisa milih mana orientasi yang bakal kita pakai, bisa Landscape ataupun Portrait (Lanskap atau Potret).

Page Setup

Buat kamu yang pengen jadiin si lanskap ini sebagai default atau bawaannya, kita bisa mengetuk tombol “Tetapkan Sebagai Default”. Jadi tiap kita buat dokumen baru, si orientasi halamannya bakalan sesuai pengaturan yang kita tetapkan.

Nah itu dia sob sedikit bahasan yang bisa kita share. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bahagia!
Now, Github Private is Free!

Now, Github Private is Free!

Sumber Gambar : www.cnet.com
Jika kamu adalah seorang pengguna Github, minggu ini adalah minggu yang baik. Sebenarnya, Github ini adalah sebuah layanan Git yang gratis, cuman ya itu dia, yang namanya gratis tentu ada kekurangannya, salah satunya adalah repository kita bersifat publik, alias bisa diketahui oleh semua orang. Kita harus membayar beberapa dollar untuk bisa membuat sebuah repository private/repository pribadi.

Semua berubah ketika negara api menyerang! Enggak sob enggak. Semua berubah ketika Github diakuisisi Microsoft beberapa bulan lalu. Awalnya, ane sendiri sebagai pengguna Github, bakalan kecewa kalo Github diakuisisi Microsoft. Ternyata eh ternyata, ada kabar baik. Mungkin gara-gara pengaruh Github diakuisisi Microsoft, pembuatan private repository menjadi gratis sob, tentunya syarat dan ketentuan berlaku hehe . . .

Pembuatan private repository di Github ini memiliki batasan, yaitu kita hanya bisa collab dengan maksimal 3 collaborator saja. Walaupun demikian, menurut ane sendiri ini merupakan suatu perubahan besar, yang mana sebelumnya untuk membuat sebuah private repository kita perlu bayar dulu, sekarang mah ENGGAK! Hahahahaha *Ketawa jahat!

Selain itu, berbarengan dengan kemerdekaan private repository ini, Github juga mengganti nama Github Developer Suite menjadi ‘Github Pro’. Perusahaan tersebut mengatakan kalo hal ini dilakukan untuk membantu developer mengidentifikasi tools-tools yang mereka butuhkan.

Well, sukses terus untuk Github dan terus berinovasi, semoga aja tahun depan bisa lebih ditingkatin kegratisannya!

PUBG Season 4 : Tanggal Rilis dan Pembaruan

PUBG Season 4 : Tanggal Rilis dan Pembaruan

Tanggal Rilis Season Baru dan Update PUBG

Kayanya, emang gak diragukan lagi kalo PUBG (Player Unknown's Battlegrounds) merupakan suatu game yang bener-bener populer, ketika merambah ke ranah game mobile. Sejak diluncurkannya, game ini terus tumbuh karena kecintaan para player mobile terhadap game satu ini. Ada banyak alesan para pemainnya (salah satunya ane) memainkan game ini, salah satunya adalah update rutin dan peringkat musiman. Sistem peringkat ini bertujuan menguji skill-skill para pemain dan untuk pamer tentunya hehehe . . . Buat kamu sob, yang main permainan ini dan pengen naikin peringkatnya, mungkin sobat harus sabar menunggu PUBG mobile Season ke-4.



Season 3 secara resmi telah berakhir kemarin dan banyak pemain-pemainnya bertanya-tanya tentang Season 4. Kapan season baru bakalan dateng? Ranking dan RP point para pemain sebelumnya telah di reset ulang. Kita juga bakalan melihat beberapa pembaruan- pembaruan keren pada pakaian-pakaian dan juga fitur game lainnya, seperti pistol baru atau map mungkin? Kira-kira apa ya yang baru?

Tanggal Rilis PUBG Mobile Season 4

PUBG mobile akhirnya telah mengkonfirmasi bahwa update-an akan ada pada 20 November dengan beberapa fitur-fitur baru dan sebuah royal pass. Kali ini, server tidak akan offline, jadi kemungkinan besar, Season 4 bakal mulai dari 21 November di seluruh dunia.

Season kemaren datang 2 hari setelah season 2 berakhir sob. Jeda waktu yang kemaren itu adalah karena maintenance server dan update baru. Kali ini juga sama kasusnya dengan season kemaren. PUBG mobile official juga menge-tweet di akunnya tadi malem yang nyebutin bahwa season baru "just around the corner", artinya udah deket nih sob, sedangkan untuk update nya, PUBG mobile mengkonfirmasi bakalan ada besoknya.

Fitur-Fitur PUBG Mobile Season 4

Berikut adalah kabar keren mengenai pembaruan yang ada di Season 4 sob. Langsung aja . . .

Hardcore Game Mode di Erangel

Hardcore Mode

Hardcore jadi salah satu pilihan baru di PUBG mode arcade sob. Mode ini ada di map Erangel yang gak akan ngeliatin jejak musuh kita di map dan ga ada arah tembak peluru. Ini adalah salah satu mode kompetitif yang mana semua yang kita butuhin adalah headphone yang bagus dan taktik yang andal sob. Gak akan ada alat bantu untuk nemuin lokasi musuh. Kita harus nemuin mereka sendiri dan game gak bakalan bantu kita.

Pistol Baru, Scooter dan Cuaca Dinamis

Scooter

Season baru datang dengan riffle automatic assault M762 yang baru. Senjata yang sebelumnya hanya bisa dirampas dari bot di pembaruan terakhir, sekarang bisa kita dapatkan ga dari bot aja, tapi layaknya seperti senjata-senjata lain. Selain itu ada juga scooter di sanhok map di versi PC yang bakalan ada di versi mobile. Mereka juga nambahin cuaca dinamis di sanhok map, jadi avatar bisa merasa kedinginan sama hujan selama game berlangsung.

Royal Pass

Royal Pass

Setiap season, akan ada royal pass yang bisa kita beli untuk dapetin item spesial dan reward-reward tertentu. Sama seperti season sebelumnya, season ini juga akan punya sampe 100 RP level dan challenge mingguan. Royal pass akan punya 2 pilihan seperti biasanya dengan harga yang sama. Elite pass dan Elite plus pass. Kita bisa naikin level dengan menyelesaikan misi atau dengan menghabiskan 100 UC per level. Setelah level ke 100, kita bisa membuka item spesial. Bahkan jika kita gak beli royal pass sekalipun, akan ada beberapa reward keren yang menunggumu sob.

Karakter, Pakaian, Skin dan Emot Baru


Di season kali ini, kita bakalan liat beberapa skin keren untuk senjata, backpack, kendaraan, aeroplane, parasut dan aksesoris-aksesoris lainnya. Namun, dengan kesepakatan baru-baru ini antara PUBG dan Suicide Squad film, skin Joker dan Harley Quinn bisa ada di game kita. Skin karakter-karakter ini tersedia di PUBG versi PC dan beberapa sumber tidak resmi menyebutkan bahwa skin-skin tersebut juga bakalan tersedia di versi mobile.

A New Snow Map?

Snow Map

UI dari season baru kali ini sangatlah menggoda sob, apalagi menuju musim winter (di negara sana sob, bukan di Indo). Kita gak tahu kapan map ini bakalan rilis nih, tapi katanya map baru ini bakalan ada diantara season ini, layaknya sanhok map di season 3 kemaren.

Nah, itu dia sedikit kabar tentang PUBG season 4. Gimana nih, udah pada semangat menuju season 4 kali ini sob?

Sumber : https://www.technotification.com/2018/11/pubg-mobile-season-4-release.html